Home / Berita / Pemuda Gemilang Gelar Donor Darah dan Sosialisasi Difteri

Pemuda Gemilang Gelar Donor Darah dan Sosialisasi Difteri

Jakarta, sketsindonews – Pemuda Gemilang Kelurahan Kebagusan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (27/1) gelar kegiatan donor darah dan sosilisasi Difteri.

Kegiatan yang dilaksanakan di RPTRA Waru Timbul tersebut dihadiri oleh; Lurah Kebagusan, Leo Dirgantara Harahap; Anggota DPRD DKI, Sereida Tambunan; Dr. Prita dari Pihak Puskesmas Kel. Kebagusan; Tim PMI Unit Donor Darah DKI Jakarta; serta RT dan RW Setempat.

Ketua Pelaksana, Panji mengatakan bahwa kegiatan ini penting untuk dilaksanakan terutama Donor Darah.

Dia menjelaskan bahwa kegiatan donor darah adalah perbuatan yang mulia karena darah anda dapat menyelamatkan orang lain dan juga dapat menjaga kesehatan bagi si pendonor darah.

“Kadang-kadang darah yang anda donorkan tidak dapat diberikan kepada penerima donor meskipun anda merasa sehat,” jelasnya.

Ditambahkan, “Darah anda dapat membawa virus/kuman penyebab penyakit sehingga dengan tidak sengaja dapat menularkan penyakit.”

Oleh sebab itu, dia menghimbau agar sebelum mendonorkan darah perlu dilakukan seleksi donor/pemeriksaan donor dengan tujuan menjaga kesehatan donor dan mencegah resiko penularan penyakit kepada penerima donor darah.

Di kesempatan lain dari pihak Puskesmas Kebagusan yang di wakilkan oleh Dr. Prita memberikan sosialisasi tentang Difteri warga yang hadir di acara tersebut.

Dijelaskan bahwa Difteri itu suatu infeksi akut pada saluran pernafasan yang disebabkan oleh Bakteri Corynebacterium Diphteriae dan lebih sering menyerang anak-anak.

Prita juga menjabarkan tentang cara penularan, gejala penderita Difteri, bagaimana cara penyebarannya, cara pencegahannya dan apa yang harus dilakukan jika ada teman, keluarga, tetangga dekat yang menderita difteri.

Pada kesempatan tersebut, Lurah Kebagusan memberikan sambutan dan menyampaikan harapan kepada Pemuda Gemilang untuk terus berkarya dan berperan aktif di lingkungan warga masyarakat.

Serta Sere sebagau anggota DPRD DKI juga memberikan apresiasi yang tinggi atas peran masyarakat yang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan yang diikuti sebanyak 70 peserta tersebut.

(Eky)

Check Also

Aliansi Mahasiswa Kaltim Meminta MA, Segera Tangkap Dan Tahan Jafar Abdul Gaffar

Jakarta, sketsindonews – Sebanyak 50 Mahasiswa dari Aliansi Mahasiswa Kalimantan Timur bersama Aktivis Jakarta, melakukan …

Watch Dragon ball super