Home / Artikel / Pengamat Politik Ray Rangkuti : Peraturan PKPU Harus Dijalankan Bawaslu Dalam Sengketa Pemilu

Pengamat Politik Ray Rangkuti : Peraturan PKPU Harus Dijalankan Bawaslu Dalam Sengketa Pemilu

Jakarta, sketsindonews – Bahwa putusan Bawaslu dalam sidang adjudikasi sengketa pemilu yang terjadi politisi Gerindra M. Taufik selaku pemohon akhirnya di putuskan untuk ikut dalam proses verifikasi lanjutan dalam ikut pemilu 2019

Menurut pemgamat Politik Ray Rangkuiti dari Lingkar Madani menyatakan, ada 2 masalah dikatakan tidak melanggar peraturan PKPU karena sudah di undangkan selain saat proses tak ada protes saat di lakukan dengar pendapat yang di hadiri oleh DPR.

DPR bahkan tidak satu suara bahkan Bawaslu tidak setuju terhadap peraturan PKPU yang menjadi dasar dalam pelaksanaan aturan bagi peserta pemilu, ujar Ray. (1/9)

KPU membuat aturan tidak sepihak dalam membuat aturan PKPU, sehingga j
Bawaslu jangan penafsirkan sendiri tentang UU, hal ini karena Bawaslu juga sudah di libatkan dalam dengar pendapat bahkan oleh DP.R.

Tapi itulah aturan yang semestinya di laksanakan Bawaslu aturan PKPU karena sudah keluar peraturan itersebut, jika terjadi permasalahan dalam aturan PKPU sementara KPU dianggap melanggar jika tidak menjalankan menjadi salah, justru bawaslu yang harus mengawasi aturan PKPU, terang Ray.

Sebaliknya, dalam surat PKPU Bawaslu justru melanggar aturan jika ada penafsiran perundangan aturan PKPU terhadap sengketapemilu presiden, wakil presoden, angggota DPR, DPR terkecuali nanti ada putusan dari Mahkamah Agung.

Menyikapi lolosnya politisi Getindra M Taufik dalam pandangan hukum kan tidak sama tindak UU Korupsi dan Pidana Umum, inilah aturan ini di buat agar pemilu lebih baik berfungsi untuk di isi oleh politisi yang amanah.

Jangan lah bangsa ini pula diisi oleh para politisi yang korupsi dan uang rakyat ini kan tidak logik terhadap pandangan publik.

Logikanya, terang Ray, yang tidak boleh dibatasi oleh warga negara dalam hak politik, namun hak duduk dalam jabatan, namun jabatan itu pernah di khianati apalagi lembaga pemilu yang pernah menjadi rumahnya itu menjadi persoalan lain yang harus menjadi putusan.

Karena pendekatan hukum dan hak azazi manusia ini tidak pernah ketemu, selama ini aturan hukum kita juga banyak melanggar hukum yang ada.

Maka dibuatnya aturan PKPU untuk bagaimana meluruskan dari penafsiran hukum. bahwa pemilu itu untuk tujuan bangsa yang lebih besar.

Surat PKPU itu jekas legal dan dmuat dalam lembaran negara karena itu harus di jalankan oleh Bawaslu untuk melaksanakan aturan tersebut sebagai aturan dalam sengketa pemilu, pungkas Ray.

reporter : nanorame

Check Also

Dankodiklat TNI Laksanakan Kunjungan Kerja ke Lanud Adisutjipto 

Yogyakarta, sketsindonews – Komandan Wingdikterbang Kolonel Pnb Deni Simanjuntak mewakili Komandan Lanud Adisutjipto, menyambut kedatangan Komandan Komando Pendidikan dan Latihan TNI Mayjend TNI Benny Indra Pujihastono S.IP beserta ibu  bertempat di Wingdikterbang Lanud Adisutjipto, Selasa (25/9).

Kedatangan Dankodiklat TNI yang didampingi oleh Dirdiklat TNI Marsma TNI Eko Dono, Danpusdikma TNI Brigjend TNI Awaludin dan Wadanpusdikma TNI Kolonel Lek Romanza Bachtiar. Turut hadir menyambut kunjungan tersebut Danse PSDP Kolonel Nav Heri Purwanto serta Dansatdik PSDP Letkol Pnb Daryanto.

Dalam sambutannya, Danwingdikterbang menyampaikan selamat datang atas kunjungan Dankodiklat TNI diiringi harapan selama melaksanakan kunjungan di Lanud Adisutjipto dapat memberikan motivasi kepada para siswa penerbang PSDP TNI dan Sekolah Instruktur Penerbang TNI yang sedang mengikuti pendidikan di bawah pembinaan Sekolah penerbang Lanud Adisutjipto.

Dankodiklat TNI saat memberikan pengarahan dan motivasi kepada para siswa, mengatakan bahwa kesempatan untuk dapat mengikuti pendidikan seperti ini pada hakekatnya merupakan kehormatan bagi kalian, karena untuk mengikutinya terlebih dahulu harus melalui seleksi yang sangat ketat dan harus memenuhi persyaratan sebagaimana yang telah ditetapkan.

“Para siswa hendaknya memanfaatkan kesempatan ini. Manfaatkan seoptimal mungkin dengan mendayagunakan seluruh potensi yang dimiliki, Laksanakan semua aktivitas sesuai Prosedur yang ada. Jadilah sosok penerbang yang handal dan profesional dalam menyelesaikan tugas-tugas yang semakin luas dan kompleks” tegasnya.

Saat berada di Lanud Adisutjipto Dankodiklat TNI dan rombongan melaksanakan kunjungan kerja diantaranya meninjau fasilitas di Skadik 104 dan Kantor Perwakilan Kodiklat TNI.

Dankodiklat TNI juga memberikan pengarahan kepada siswa Sekbang PSDP Angkatan 94 dan 96 serta Siswa SIP TNI Angkatan 80 yang digelar di ruang briefing Wingdikterbang.

Dalam kesempatan kunjungan kerja tersebut Dankodiklat TNI juga melaksanakan briefing penerbangan dan joy flight dengan Danskadik 101Letkol Pnb Frando Marpaung menggunakan pesawat Grob 120 TP-A.

(Amin)

Terkait

Watch Dragon ball super