Home / Artikel / Penghujung Tahun 2017 Desa Telang Makmur Banyuasin Lakukan Panen Padi

Penghujung Tahun 2017 Desa Telang Makmur Banyuasin Lakukan Panen Padi

Banyuasin, sketsindonews – Desa Telang Makmur berada di wilayah Kecamatan Muara Telang Banyuasin, memiliki hamparan sawah pasang surut sekitar 1.700 ha. Di penghujung tahun ini, hamparan sawah yang luas tersebut mulai memasuki musim panen, menyusul musim panen yang telah dimulai di desa sekitarnya di Kecamatan Muara Telang.

Muara Telang merupakan salah kecamatan di Banyuasin Sumsel yang memiliki hamparan sawah pasang surut yang sangat luas mencapai sekitar 25.017 Ha.

Petani di desa Telang Makmur, kecamatan Muara Telang melakukan panen perdana pada hari sabtu (30/12). Hamparan sawah yang dipanen hari ini seluas 13 Ha terdiri dari varietas Ciherang, Mekongga, dan Inpari 30 dengan rata-rata produktivitas mencapai 6,5 ton/Ha GKP.

Panen padi ini akan berlanjut terus sampai hamparan sawah seluas 1.700 Ha.

Kordinator lapangan kecamatan Muara Telang mengatakan bahwa padi yang siap panen ini merupakan hasil penanaman musim tanam yang lalu (April-September). Dengan menggunakan combine harvester, panen diharapkan bisa berlangsung lebih cepat sehingga dapat mempercepat tanam padi berikutnya.

“Apalagi saat ini harga gabah sedang bagus-bagusnya berkisar Rp. 4.600-4.900/kg GKP,” ungkap Edi Sarwono, SP

Prof. Dr. Risfaheri selaku Penanggungjawab Upaya khusus Kementrian Pertanian untuk Kabupaten Banyuasin dalam keterangan tertulisnya menyampaikan bahwa panen padi yang sangat baik ini dengan provitasnya cukup tinggi untuk lahan pasang surut, dan harga gabah sangat bagus di lokasi, memberikan semangat kepada petani untuk segera menanam setelah panen.

“Petani tidak akan membiarkan sawahnya menjadi bera (kurang produktif). Apalagi Pemerintah telah melakukan berbagai perbaikan penataan lahan dan tata air di pasang surut, serta berbagai bantuan saprodi, bahkan sudah menyiapkan program asuransi bagi sawah yang terkena puso,” Katanya.

Risfaheri menambahkan besarnya dukungan Pemerintah pusat dan daerah untuk mengoptimalkan potensi sawah di lahan pasang surut tersebut tentu memberi semangat besar bagi petani untuk terus menanam.

“Dengan menggeliatnya panen di sawah pasang surut di seluruh Banyuasin ini, tidak hanya di Kecamatan Muara Telang saja, tetapi juga kecamatan lainnya, memberikan keyakinan kepada kita produksi padi di Banyuasin ini aman dan bahkan diperkirakan surplus,” pungkasnya.

(Edo)

Check Also

Perda Dewa Tibum, Satpol PP Bisa Bikin Tertib Jakarta

Jakarta, sketsindonews – Perda No 8 Tahun 2007 Tentang Keteriban Umum DKI Jakarta merupaka perda …

Watch Dragon ball super