Pentingnya Membentuk Karakter Anak Sejak Dini

oleh
oleh
banner 970x250

sketsindonews – Miris, melihat perkembang anak pada era digital dengan mengenal teknologi sebelum masanya. Peristiwa dimana anak-anak usia dini sudah memainkan gawai (telepon pintar/gadget) secara berlebihan. Sosialisasi yang kurang terhadap orangtua untuk mengawasi anak dalam bermain gawai tidak terbentuk.

Mereka menjadi asik sendiri dengan gawainya tanpa peduli dengan lingkunan sekitarnya. Sifat malas yang meningkat juga membuat anak menjadi kurang tanggap dalam beraktivitas.

banner 300x600

Hal tersebut memberikan suatu pemikiran betapa pentingnya pembentukan karakter yang ditanamkan sejak dini akan memperngaruhi perilaku sang anak di masa yang akan datang. Tak luput dari pentingnya peran pendidikan dasar dalam proses pembentukan karakter. Proses yang dibutuhkan tidak sebentar, harus dilakukan sejak Anak Usia Dini (AUD) melalui keluarga. Dilansir dari buku Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, menyatakan bahwa PAUD mendasari jenjang pendidikan selanjutnya. Perkembangan optimal selama masa usia dini memiliki dampak terhadap pengembangan kemampuan untuk berbuat dan belajar pada masa-masa berikutnya.

Pembentukkan karakter memang harus sejak usia dini, masa ini bisa dibilang masa “emas” mulai usia 0-6 tahun karena perkembangan otak saat usia dini sangatlah pesat, bahkan anak dapat mempraktekkan langsung apa yang ia dengar maupun dilihat, baik diajarkan ataupun tidak diajarkan (peniru ulung). Segala bentuk ucapan, perilaku orang dewasa dalam hal ini akan menjadi faktor penentu karakter anak. Terutama bagi orangtua perlu sekali menjaga ucapan serta perilaku dan memantau lingkungan anak agar tidak mengikuti hal yang buruk.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.