Home / Artikel / Penyusunan Banggar DKI Alot Diprediksikan Tak Selesai RAPBD 2019

Penyusunan Banggar DKI Alot Diprediksikan Tak Selesai RAPBD 2019

Jakarta, sketsindonews – Rapat antar Komisi Banggar dalam menyusunan anggaran dan penyerapan Pemprov DKI menuai berbagai persoalan hingga banyak penyesuaian anggaran yang belum selesai antara eksekutif dan legislatif.

Belum lagi Pemda DKI sampai saat ini belum ada posisi peganti Wagub DKI Sandiga Uno di prediksikam akan muncul tarik menarik di parlemen menentukan posisi Wagub DKI.

Ini tentunya akan menghambat RPJMD DKI serta anggaran perubahan yang nantinya akan di tetapkan menjadi penyusunan APBD 2019.

Menanggapi hal ini Amir Hamzah Pengamat Kebijakan Publik, diakuinya memang ada masalah – masalah di SKPD DKI dalam penyerapan tersebut tidak memenuhi target dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tahu itu, ujarnya di Gedung DPRD DKI. (4/9)

Makanya ada wacana anggaran yang tidak terserap untuk di alokasikan ke BUMD DKI misalnya ke Jakpro, PD. Pasar Jaya, PAM Jaya dan seterunya.

Sejak era Gubernur sebelumnya di era Fauzi Bowo sudah dianalisa sebenarnya Pemda DKI sudah memilik payung hukum sebagai benteng pengaman sehingga ada pengaturan antara eksekuif dan legislatif untuk menjamin anggaran terjamin dari ruang korupsi berjamaah.

Sesuai dengan Perda No :14 Tahun 2011 Tentang Perencanaan Pembangunan dan Penganggaran Terpadu, disitu sudah jelas di situ tercantum secara rinci pra rencana RKPD, RPJMD dan hubungan legislatif dan eksekutif.

Di dalam perda itu ada pasal untuk menjamin tahap perencanaan dan pelaksanaan, akuntabilitas bersih korupsi akuntabilitas bebas KKN, dimana dalam perencanan dari awal harus melibatkan BPK, KPK, ujarnya.

Hingga saat ini tak di jalankan oleh Pemprov DKI Jakarta, perda itu kan produk DPRD yang harus di jalankan Pemprov DKI.

Jangan lagi seperti kasus DPRD Malang 41 anggota Dewan terlibat permainan anggaran secara masif, terstruktur hingga massal.

Lanjut Amir, Gubernur Anies juga untuk tidak mendengar atas para orang dekat hingga eksekutif penyusunan anggaran untuk bebas KKN sudah sejak awal hingga akhir pihak BPK, KPK untuk di libatkan berdasarkan perda tersebut.

reporter : nanorame

Check Also

Garda Perawat Kebangsaan Selenggarakan Arrow Training Calon Pemimpin Bangs

Jakarta, sketsindonews – Lembaga pendidikan yang bertujuan untuk membentuk karakter kepribadian yang handal siap menjadi …

Watch Dragon ball super