Back

Media Terpercaya

Peraturan Imigrasi Singapore Berlakukan Karantina Bagi Warga Asing

Jakarta, sketsindonews – Pemerintah Singapore kini memberlakukan bagi seluruh pengunjung yang akan masuk ke Singapore yang berasal dari semua negara Asia, Jepang, Swiss dan UK dalam waktu 14 hari akan diberikan 14 hari karantina rumah, demikian sumber di terima sketsindonews.com, Senin (16/3/20).

Perlakuan mulai berlaku senin 16 Maret 2020 pukul 12:00 pm dalam antisipasi gerakan Covid -19 secara meluas.

Peraturan imigrasi Singapore berlaku untuk semua pengunjung termsk warga negara Singapore dan permanent residence, pemegang visa kerja.

Peraturan baru pengunjung adalah , diantaranya:

1. BUKTI TINGGAL
Pengunjung yg masuk ke Singapore dari Negara – Negara diatas harus memberikan bukti dimana mereka akan melakukan karantina rumah mereka selama 14 hari, misal berupa hotel booking selama periode 14 hari itu, atau tempat tinggal mereka/ rumah milik saudara mereka.

2. SIAP DIMONITOR
Pengunjung yang dikarantina di rumah/ hotel harus selalu ada ditempat karantina sepanjang waktu selama 14 hari terhitung dari tanggal masuk ke singapore. Mereka juga mungkin diminta untuk melakukan test swab apabila diperlukan.

3. SURAT PERSETUJUAN TERBANG
Pengunjung wajib menunjukkan surat persetujuan terbang kepada petugas imigrasi di Singapore.

Caranya memperoleh surat persetujuan terbang yakni menyerahkan form kesehatan kepada kantor Singapore yang berada di negara masing-masing sebelum tanggal keberangkatan.

Permohonan tersebut harus mendapat persetujuan dari department kesehatan Singapore sebelum keberangkatan, dan surat persetujuan ini akan diverifikasi oleh petugas cek point di imigrasi Singapore.

Pengunjung yang akan berkunjung ke Singapore tapi tidak membawa surat persetujuan itu akan ditolak untuk masuk Singapore.

Disarankan sebelum keberangkatan atau melakukan pemesan perjalanan disarankan untuk mendapatkan persetujuan terbang terlebih dahulu.

4. PASIEN BEROBAT
Singapore sedang mengfocuskan diri menangani warga singapore. Tidak dapat mengatasi pasien dari negara lain. Kapasitas kesehatan Singapore terbatas, mereka akan mengutamakan kepentingan warga Singapore.

Aturan tidak berlaku untuk warga Singapore dan Malaysia yang mengunakan transportasi laut dan darat menyebrangi Malaysia.

Peraturan Ini dibuat karena pemerintah melihat resiko penularan dari banyaknya kasus corona dari luar negeri yang masuk Singapore

Peraturan ini dibuat dan berlaku mulai senin 16 Maret 2020 sampai dengan 30 hari kedepan.

(Nanorame)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.