Home / Artikel / Perjuangan Zidan Melawan Kanker, JKN KIS Sangat Bermakna.”

Perjuangan Zidan Melawan Kanker, JKN KIS Sangat Bermakna.”

Jakarta, sketsindonews – -Senyum kecerian kini nampak kembali di wajah Muhamad Sayyid Zidan Anwar, atau yang biasa disapa Zidan. Bocah kecil berumur 8 tahun ini kembali dapat tertawa meski tidak sesempurna keadaan sebelumnya.

Ceritera tulus Zidan menjadi bermakna, “Sekarang Zidan udah sehat jadi bisa jalan – jalan keluar sama mama” jawab Zidan sambil tersenyum saat ditanya kabar oleh awak media.” (12/2)

Anak seusianya yang lain mungkin sedang menikmati kebahagian dengan kesempurnaan anggota tubuh yang dimiliki, namun berbeda dengan Zidan. Kini ia hanya bisa duduk di kursi roda karena kaki kirinya telah di amputasi pada Januari 2018 akibat kanker tulang yang dideritanya.

“Awalnya Zidan terjatuh di sekolah, tapi dia tidak bilang ke saya. Sampai akhirnya saya tau dari teman sekelasnya. Akhirnya dibawalah sama ayahnya untuk dipijat, karena kami pikir ini hanyalah keseleo biasa” ungkap sang ibunda, Endang dengan nada lirih.

Sebulan berganti kondisi Zidan pun tidak kunjung membaik, akhirnya kedua orang tuanya memutuskan untuk membawa Zidan berobat di salah satu puskesmas di wilayah Cikarang dengan menggunakan kartu JKN – KIS yang ia dapatkan dari perusahaan tempat ayahnya bekerja.

Berharap semua keadaan baik baik saja, namun diagnosa dokter membuat Endang harus bisa menerima kenyataan bahwa Zidan menderita kanker tulang. Melalui alur pelayanan yang sesuai, Zidan pun dirujuk ke RSCM untuk mendapatkan penanganan selanjutnya.

“Diawal saya sudah bertanya kepada petugas bagaimana alur pelayanan kesehatan agar anak saya dapat ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Sampai akhirnya Zidan dirujuk, operasi, dan kini telah melewati 12 kali kemoterapi. Semuanya gratis alhamdulilah.” tambah Endang.

Endang menyadari bahwa ia bisa melawati masa – masa sulit ini karena tidak dipusingkan dengan biaya pengobatan yang sangatlah besar. Jaminan Kesehatan Nasional telah memudahkan Zidan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Kondisi Zidan pada saat itu juga tidak memungkinkannya untuk bolak – balik Cikarang – Jakarta – Cikarang, sehingga dokter menyarankan untuk bergabung di Yayasan Kanker Indonesia agar Zidan dapat terfasilitasi dengan baik.

Hal itulah yang membuat Endang tak hentinya mengucap syukur atas segala kemudahan yang ia terima demi melihat anaknya kembali sembuh. Kini kondisi Zidan semakin membaik. Rencananya bulan ini ia akan datang lagi ke rumah sakit untuk kontrol.

“Zidan adalah salah satu peserta yang terbantu dengan adanya Program JKN – KIS. Saya yakin diluar sana masih banyak orang yang merasakan seperti apa yg anak saya rasakan , atau mungkin lebih dari itu. Terima kasih JKN – KIS, karena telah membantu saya dan Zidan kuat melewati semua ini” tutup Endang.

nanorame

Check Also

Festival Olahraga Rakyat Laksanakan Pembinaan Potensi Lokal

Celotebangnano, Sketsindonews – Suku Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Jakarta Jakarta melalui Kasi Olahraga …

Watch Dragon ball super