Home / Artikel / Ragam Daerah / Perkuat Kerjasama Bilateral, Kapal Angkatan Laut Australia Hmas Canberra (L02) Kunjungi indonesia

Perkuat Kerjasama Bilateral, Kapal Angkatan Laut Australia Hmas Canberra (L02) Kunjungi indonesia

Jakarta, sketsindonews – Perkuat kerjasama bilateral Indonesia dengan Australia, Kapal Angkatan Laut Australia HMAS Canberra (L02) kunjungi Indonesia yang disambut hangat Komandan Pangkalan Utama TNI AL III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P., CHRMP dalam upacara resmi yang dihadiri Dubes Australia untuk Indonesia Penny Williams PSM di JICT II Tanjung Priok Jakarta Utara, Senin (25/10/21).

Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) III sebagai Pangkalan Angkatan Laut di Jakarta melaksanakan tugas dan memberikan dukungan pengamanan serta fasilitas labuh kapal-kapal perang asing yang akan bersandar dengan menerapkan prosedur dan ketetapan yang berlaku di TNI Angkatan Laut dengan standart Internasional.

Kapal Angkatan Laut Australia HMAS Canberra (L02) yang dipimpin Captain Jace Hutchison, selama tiga hari kunjungannya ke Jakarta akan menyelenggarakan lokakarya bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana kepada para keluarga KRI Nanggala – 402 dengan memberikan donasi ke Indonesia yang diterima Kepala Dinas Perawatan Personel TNI AL (Kadiswatpersal) Laksma TNI Taufik Arief, S.T., M.M., CHRMP dan diberikan melalui Athal Australia Captain Rod Griffiths.

Selain memberikan bantuan kemanusiaan dan sarana penanggulangan bencana juga menyelenggarakan lokakarya tentang Keamanan Maritim serta Pertukaran Ahli Pokok dipesawat Hercules yang dioperasikan oleh Indonesia dan Australia. Sebagai bagian Indo-Pacific Enderavour 2021 (IPE21), Australia juga mengirimkan mesin desalinasi bertenaga surya ke Nusa Lembongan Bali untuk membantu memecahkan masalah pasokan air dan polusi plastik.

Komandan Lantamal III saat Conference Pers mengatakan, “Ucapan terima kasih kepada Angkatan Laut Australia yang telah memberikan donasi berupa santunan kepada sesama komunitas awak Kapal Selam TNI AL. Ini merupakan hal yang luar biasa dalam rangka perkembangan “Navy Brotherhood” antara Indonesian Navy dan Australian Navy,” ujar Farouq.

“Kegiatan ini kita sambut dengan baik, mudah-mudahan kedepan kerjasama ini akan semakin erat, sekaligus dapat menciptakan rasa kebersamaan sesama Angkatan Laut dilingkungan kita,” lanjut Marinir bintang satu di Lantamal III.

( Shanty )

Check Also

PANGDAM 1/BB Mendukung Penuh Pelaksanaan HPN 2023

Sumut, sketsindonews – Pangdam I/BB, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, SE, MSi mendukung penuh berjalannya …

Watch Dragon ball super