Home / Berita / Metropolitan / Perluasan RSCM, Bangunan Semin Permanen di Pinggir Kali Dibongkar

Perluasan RSCM, Bangunan Semin Permanen di Pinggir Kali Dibongkar

Jakarta, sketsindonews – Pemerintah Kecamatan Menteng Jakarta Pusat bersama petugas gabungan dan Satpol PP membongkar 9 bangunan liar semi permanen di RW 01 Kelurahan Pegangsaan, Senin (31/5/21).

Diketahui lahan tersebut merupakan lahan milik RSCM yang selama ini telah ditempati warga hingga puluhan tahun.

Wakil Camat Menteng Suprayogi yang langsung memimpin penertiban mengatakan, pembongkaran sekaligus penertiban penataan ini dilakukan dalam rangka perluasan lahan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo untuk dimanfaatkan sebagai sarana kepentingan lebih vital.

“Rencananya area tersebut akan dialih fungsikan sebagai pengolahan limbah pihak Rumah Sakit, sehingga perlu kita tertibkan terhadap warga tinggal di bantaran Kali ciliwung,” jelasnya.

Meski tidak ada realokasi atau penggantian, sebagai wujud hadirnya pemerintah terhadap warga dikatakan bahwa kepada warga yang terkena gusuran ditawarkan untuk pindah ke rumah susun.

Sementara Ketua RT 07/01 Kelurahan Pegangsaan, Menteng, Muhammad Rizal mengatakan bahwa pihaknya sudah mengetahui rencana pembongkaran tersebut dan sebelumnya telah ada rapat dengan pihak pemerintah Kecamatan. Bahkan menurutnya telah dilakukan sosialisasi kepada warga.

“Ya memang ini pihak RSCM akan menggunakan lahan ini. Kami juga sebelumnya sudah diberi tahu, terkait rencana itu, masyarakat di sini pun sudah menyetujui,” ucap Rizal.

Pantauan sketsindonews saat dibongkar warga dibantu petugas Satpol PP dan PPSU mengeluarkan barang-barang yang masih berada belum dibereskan.

(Nanorame)

Check Also

Terpidana Mantan Jaksa Pinangki Dieksekusi ke Lapas Wanita Tangerang Banten

Jakarta, sketsindonews – Terpidana mantan Jaksa Dr. Pinangki Sirna Malasari, SH,.MH, yang terlibat korupsi dalam …

Watch Dragon ball super