Home / Artikel / Permaslahan Utilitas, Gubernur DKI Anies Harus Bentuk BKJBT

Permaslahan Utilitas, Gubernur DKI Anies Harus Bentuk BKJBT

Jakarta, sketsindonews – Permasalahan utilitas hingga saat ini terus menjadi masalah antar instansi terkait dari dampak pembongkaran pembangunan utilitas khususnya penanganan fungsi perbaikan jaringan.

Sebut saja jaringan pemasangan PLN di depan Balaikota DKI yang amblas oleh karena koordinasi dan pengawasan antar instansi, dimana jalan dan trotoar kawasan itu rusak akibat jaringan perbaikan PLN.

Menurut Kepala Sudin Bina Marga Kota Jakarta Pusat, selama ini perijinan itu ada di pelayanan BTSP yang memberikan ijin, kaitan dengan kami sifatnya hanya monitoring, terkait hal yang dirusak pihaknya hanya memberikan surat rekomendasi kepada pihak pekerjaan (instansi). ujarnya.(15/3)

Biasanya jalan dan trotoar yang sudah kita bangun setidaknya harus dikembalikan seperti semula, namun proses perbaikan itu kadang tidak sesuai, ujar Suko.

“Ini yang terus menjadi persoalan, terkait mengenai jaminan (konyinasi) perbaikan itu ada di instansi yang melakukan proyek tersebut, pihaknya tak mempunyai kewenangam itu.”

Apalagi penggalian PLN atau Telkom yang selama ini ada pada area utilitas yang sama di trotoar (jalan).

Dari galian hasil pekerjaan setelah diperbaiki ternyata struktur kadang tak sama hingga berlobang, setelah kita periksa ternyata harus kita uruk hingga capaian kubik, karena kalo tidak diperbaiki kembali secara baik jalan itu menjadi fatal bagi pengguna jalan (publik)

Sudin Bina Marga tak bisa tunda lama kasus seperti ini,  apapun bicara layanan publik fasilitas harus kami kerjakan, terang Suko.

Sementara Direktur Lembaga Pemantau Pegawasan Aparatur Daerah (LP2AD) Victor Irianto Napitupulu(VIN) mengemukan, persoalan utulitas hingga saat ini apa yang sudah dibangun oleh Pemprov DKI Jakarta karena lemahnya koordinasi antar instansi yang akhirnya selalu lempar tanggung jawab, ucapnya.

Banyak fasilitas dalam pekerjaan seperti gali lubang tutup lubang yang tak usai, padahal fasilitas dalam hitungan baru selesai dilakukan pembangunan Pemprov DKI cq. Dinas Bina Marga.

Hampir semua jalan hari ini dibongkar oleh PLN dengan alih program “Listrik Pintar”, bahkan serentak dengam alih persiapan Jakarta menghadapi Asean Games di jadikan momentum semua jalan dibongkar, terang VIN.

VIN selain aktivis dan calon legislatif partai Nasdem kembali meminta Pemprov DKI kembali untuk membentuk Badan Koordinasi Jaringan Sistem Bawah Tanah (BKJBT) yang dulu ada, namun telah dibubarkan lembaga ini.

Sepertinya Anies – Sandi harus kembali membentuk lembaga Badan ini kembali dilingkungan Pemrov DKI agar persoalan koordinasi utilitas antar instansi untuk tidak lagi saling tuding sehingga sarana fasilitas umum tidak lagi menjadi proyek tutup lubang gali lubang, tegas VIN.

reporter : nanorame

Check Also

Calon Kuat Peganti Sandiaga, M Taufik Menguat Sebagai Wagub DKI

Jakarta, sketsindonews – Para Aktifis Jakarta telah menduga pertarungan di DPRD DKI peganti Wagub Sandiaga …

Watch Dragon ball super