Home / Artikel / Pertama Kali Pengelola Kos Tak Lapor di Kenakan Tindak Pidana di Pengadilan

Pertama Kali Pengelola Kos Tak Lapor di Kenakan Tindak Pidana di Pengadilan

Jakarta, sketsindonews – Operasi Binaan Kependudukan gabungan Kecamatan Sawah Besar terfokus pada hunia serta pemilik kos yang selama ini tak lapor diri.

Pertama kali pemilik kos tak lapor akan dikenakan denda dalam sidang tipiring di pengadilan dalam upaya pemilik kos maupun huni mempunyai kesadaran baik perijinan serta lapor diri setiap warga tinggal kos, ujar Kasatgaspol Kecamatan Sawah Besar Sugiarso kepada sketsindonews.com.

kasatgaspol.swh.besar.sugiarso.kos.doc 

Pemgelola kos yang tidak lapor atas ijin akan dikenakan sangsi denda berdasarkan UU KUHAP pidana serta pelanggaran perda No 7 Tahun 2007.(1/11)

Kenapa dengan UU KUHAP karena pelanggaran Perda di sebabkan belum ada kode rekening denda perkara pelanggran perda untuk saat ini diserahkan ke kas daerah sebagai pendapatan penerimaan kas daerah dari pos penerimaan lainnya., terang Sugiarso.

Secara jelas dalam pasal 57 ayat 1 penghuni kos yang tidak lapor penghuni RT/RW setempat dengan ancaman denda mininal 100 ribu rupiah sub sider kurungan 10 hari maksimal denda 20 juta subsider kurungan 60 hari.

Untuk pengelola kos di kenakan sangsi pasal 57 ayat 2  perda No 8 Tahun 2007 karena tidak melaporkan kepada pihak RT RW setempat.

Sementara Lurah Pasar Baru Agus Yahya (AY) mengatakan, persoalan rumah kos (pengelola) dan hunian karena memang lemahnya kesadaran warga untuk lapor diri.

Padahal RT RW punya hak untuk memeriksa bagi warga hunian dan pemilik untuk mematuhi lapor diri 24 jam yang selama ini menjadi ketentuan perda, terangnya.

Karena RT RW juga sepertinya tidak di gubris sehingga dasar kita operasi agar para hunian sadar akan berbagai kewajiban baik pajak, perijinan sesuai dengan peruntukan, tutup AY.

Operasi Biduk Kos Kosan

Dalam pelaksanaan operasi titik kos fokus di Sawah Besar meliputi : di Gang Mandor VI No. 14, NO 10, Kos Kos G – House Jalan Pintu Besi I Blok A 3 RT 14/05 Kel Pasar Baru, Tentrem Mandor Jalan Kartini II Gang Mandor I RT 010/05 Pasar Baru serta kos – kos 12 A Gang Mandor I dan Guest House Jalan Kartini II No 11 Pasar Baru.

Dari hasil operasi ini satu pengelola terdapat 6 penghuni kos terjating dan 72 orang untuk membuat SKDS oleh Suckacapil Kecamatan Sawah Besar.

reporter : nanorame

Check Also

Kalahkan Kejahatan Dengan Kasih Tuhan

Roma 12: 9-21 Renungan, sketsindonews – Kasih ini mesti dimulai dari dalam dulu, karena, tidak …

Watch Dragon ball super