Pertemuan 8 Parpol, Lieus Sungkharisma: Dari pada Ributin Pemilu Terbuka atau Tertutup, Mendingan Perjuangkan PT Nol Persen

oleh
oleh
banner 970x250

Jakarta, sketsindonews – Heboh pertemuan delapan Partai Politik (Parpol) di Hotel Dharmawangsa, Jakarta terkait usulan PDIP agar pemilu dilakukan dengan sistem proporsional tertutup, mendapat reaksi tajam dari aktivis Tionghoa yang juga koordinator Komunitas Tionghoa Anti Korupsi (KomTak), Lieus Sungkharisma.

Menurut Lieus, sebagai wujud silaturrahmi antar partai, ia memberi apresiasi atas pertemuan delapan Parpol itu. Namun secara substantif ia menyesalkan pertemuan itu tidak digunakan untuk membahas topik yang sesungguhnya lebih penting bagi pembangunan demokrasi di Indonesia, yakni Presidential Threshold nol persen.

banner 300x600

“Saya pikir pertemuan delapan Parpol itu hanya untuk kepentingan menyelamatkan kader-kader partai yang akan menjadi calon anggota parlemen. Urgensinya untuk meningkatkan kualitas demokrasi kita atau bahkan pembenahan sistem pemilu secara umum tidak ada,” ujar Lieus.

Seperti diketahui, sistem pemilu proporsional tertutup itu sendiri diusulkan oleh PDIP dengan alasan bisa menekan ongkos pemilu yang mahal. Alasannya, dengan sistem pemilu terbuka, hanya orang-orang berduit yang bisa mencalonkan diri jadi anggota parlemen.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.