Pertuni Lakukan Sosialisasi E Pub Kini di Denpasar Bali

oleh
oleh

Jakarta, sketsindonews – Pelatihan Buku E-Pub Untuk penyandang disabilitas Tunanetra Di Propinsi Bali terus dikembangkan walaupun fasilitas akses tunanetrsaat ini masih menjadi persoalan yang harus diatasi dengan lebih sistematis oleh Pemerintah.

Menurut Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI), setiap tahun sekurang-kurangnya ada 10 ribu buku baru beredar di masyarakat. Dari jumlah tersebut, hanya kurang lebih 23 % yang telah diproses dalam format yang dapat dibaca secara Mandiri oleh tunanetra (format aksessibel); dari jumlah tersebut, sebagian besar dilakukan oleh masyarakat.

Pada tanggal 27 Januari 2018, Persatuan Tunanetra Indonesia, melalui kerja sama dengan Yayasan Mitra Netra, Yayasan Damandiri dan Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar, akan menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan penggunaan buku e-pub untuk Tunanetra di Bali. Kegiatan dilaksanakan di aula kampus IHDN Denpasar, sekaligus dalam rangka merayakan HUT ke 52 Pertuni, jelas Aria Indrawati Ketua Umum Petuni dalam rilisnya kepada sketsindonews.com.(23/1)

Sebagaimana warga negara Indonesia pada umumnya, penyandang tunanetra juga memiliki hak yang sama, salah satunya hak untuk berekspresi, berkomunikasi, dan memperoleh informasi.Hal ini telah diamanahkan pada Pasal 24 huruf b pada UU no.8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas yang menyebutkan,

Hak berekspresi, berkomunikasi, dan memperoleh informasi bagi penyandang disabilitas meliputi hak untuk mendapatkan informasi dan berkomunikasi melalui media yang mudah diakses.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.