Home / Profile / Komunitas / Pesantren Muallaf, Wadah Dan Sarana Gali Potensi

Pesantren Muallaf, Wadah Dan Sarana Gali Potensi

Tangsel, sketsindonews – Memfasilitasi para muallaf tidaklah mudah. Masyarakat masih tabu mendengar muallaf. Tidak jarang diskriminasi terhadap mereka, mulai dari keluarga sendiri hingga saat mencari pengetahuan tentang Islam.

Dompet Dhuafa merangkul dan mendampingi para muallaf untuk lebih memahami keyakinan yang kini dijalaninya.

Wisma Muallaf, terletak di kawasan Bintaro, diikhtiarkan menjadi saksi para muallaf yang akan dibina pemahaman keislamannya. Peresmian program “Pesantren Muallaf”, Rabu (11/4), bertujuan memfasilitasi para muallaf agar lebih mengenal Islam lebih dalam, serta memahamkan kepada mereka bahwa Islam rahmatan lil-‘alamin.

“Pesantren muallaf merupakan upaya optimalisasi pemanfaatan dan pengelolaan aset wakaf yang diamanahkan wakif ke Dompet Dhuafa untuk pembinaan dan pengembangan muallaf. Program pesantren muallaf tentunya akan bersinergi pula dengan lembaga mitra pembina muallaf yang ada di beberapa wilayah di Indonesia. Dengan sinergi yang baik diharapkan pembinaan muallaf akan saling melengkapi,” tutur KH Ahmad Shonhaji selaku Direktur Dakwah dan Layanan Tanggap Darurat Dompet Dhuafa.

Program Pesantren Muallaf Dompet Dhuafa juga menjadi wadah dan sarana untuk menggali lebih jauh potensi-potensi yang dimiliki oleh para muallaf, dalam program ini ada beberapa unit kerja yang berada dibawah naungan Yayasan Dompet Dhuafa Republika yang direncanakan terintegritas untuk kebermanfaatan para muallaf.

“Program pembinaan muallaf yang dilakukan Dompet Dhuafa menjadi aktifitas paralel dilakukan bersama dengan tim Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa) yang diharapkan menjadi wadah pembinaan untuk penguatan aqidah, pendalaman ilmu agama Islam, bimbingan membaca alquran dan juga ikhtiar kemandirian dengan pendidikan vokasional untuk membangun semangat kemandirian dan jiwa entrepreneurship bagi muallaf,” tutup KH Ahmad Shonhaji.

 

TENTANG DOMPET DHUAFA

Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah, Wakaf), serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga).

Selama 25 tahun, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan ummat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.

(Eky)

Check Also

Masyarakat Jurnalis Sketsindonews, Membuka Member dan Follower Bagi Publik Bisa Menulis

Jakarta, sketsindonews – Masyarakat jurnalis menjadikan bagian penting peran warga untuk berpartisipasi dalam menghadapi isu pembangunan lokal maupun nasional dalam kiprahnya publik ikut menjadi insan pers.

Salah satunya menciptakan peran jurnalis masuk pada kisi masyarakat secara langsung dimana masyarakat bisa langsung menulis apa yang di pikirkan, apa yang menjadi substansi problematika dan hasil cipta karya dari sumber kemunculnya dari “bootem up” berbagai aspek.

Sketsindonews salah satu media online yang kini terus berkembang dalam dinamika masyarakat, dimana membuka ruang dan waktu bagi peran masyarakat RT/RW dan komunitas untuk menjadi member Pers Jurnalis untuk bisa menulis dan mereportase hal yang berkembang, ujar nanorame Pimpinan Redaksi sketsindonews, di Kantor Apartement Sentra Timur, Jakarta Timur.(21/9).

Warga atau komunitas bisa memiliki sketsindonews menjadi bagian pengembangan informatik atau untuk menjadikan peran masyarakat jurnalis lebih bermartabat dengan syarat yang ada serta  ketentuan standar jurnalis yang ada, sehingga peran masyarakat bisa berkontribusi baik dalam karya, tulisan serta kritik yang komstruktif.

Pembekalan sudah pasti “product knowledge etika jurnalis”, selain nanti kita berikan sertifikat dan member pers sebagai wujud masyarakat jurnalis yang tergabung dalam satu lingkup lokalitas (daerah), apalagi peran RT/RW dan komunitas menjadi follower sketsindonews ini sangat luar biasa.

sketisinfonews sudah memiliki kolom dan katagori bagi peran jurnalis masyarakat dalam membuka ruang dan waktu dalam menyikapi isu sexy pembangunan, ekonomi, sosial, dan politik hingga pemberdayaan kaum perempuan, terang Nano.

Mudah saja kok, kata nano. Informasi dari masyarakat jurnalis yang nanti tergabung sudah menjadi pemberitaan yang valid karena mereka pelaku langsung selain berperan dalam kehidupan bermasyarakat (berinteraksi) dalam segala kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Terlebih mereka itu nantinya menjadi folllower terakreditasi (member) sketsindonews sehingga mereka pun terlindungi oleh legalitas formal sebagai masyarakat jurnalis yang di lindungi olrh UU Pers.”

Nano menghimbau, bisa saja masyarakat jurnalis mulai mencoba mengiirim berita untuk mrnjadi pewarta sekaligus bershare pokok topik secara langsung ke redaksi email : sketsaindonesia04@gmail.com atau nanorame44@gmail.com atau whatshaap 0822 – 258 – 258 -31.

Atau pula bisa kirim proposal dalam menunjang dan membentuk masyarakat jurnalis bersertifikasi yang handal dalam satu wilayah, jelasnya.

Sementara Tokoh masyarakat Kartini Sawah Besar Jakarta Pusat Kusyanto menyambut baik sketsindonews melebarkan diri dalam membangun komunikasi masyarakat langsung yang nantinya tergabung mrnjadi masyarakat jurnalis dalam satu lokalitas wilayah.

Apalagi mereka akan di bekali dengan keilmuan jurnalis sesuai potensi wilayah yang ada, ini hal yang di tunggu masyarakat dalam ikut mengawasi selain kami juga menjadi tokoh di RW sebuah wilayah sekaligus membangun komunikasi (member, follower) di media online membangun insan masyarakat jurnalis yang di gagas sketsindonews, tandas Kus.

Hal kedua, ini juga dalam antisipasi maraknya berita hoax sehingga masyarakat mampu megenarilisasi masalah yang terjadi untuk di kedepankan sumber berita yang berbasis masyarakat.

reporter : puteri

Terkait

Watch Dragon ball super