Home / Artikel / Pesawat MiG 17 Fresco F1122 Akan Lengkapi Muspusdirla
Proses pengangkutan Pesawat Mig 17. Tail Number F 1182 di Lanud Abdulrachman Saleh Malang. Pesawat akan dikirim ke Museum Pusat TNI AU dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta, Sabtu malam, (4/8/18)

Pesawat MiG 17 Fresco F1122 Akan Lengkapi Muspusdirla

Malang, sketsindonews – Kembali Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Yogyakarta kembali akan mendapatkan tambahan koleksi Pesawat MiG 17 Fresco F1122, Pesawst tersebut dikirim dari Lanud Abd Saleh menuju Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta dengan melalui jalan Darat, sabtu, malam (4/8).

Jenis Pesawat MiG 17 tersebut rencananya selain akan dimuseumkan di Muspusdirla juga akan dimonumenkan di Akmil Magelang yang akan diresmikan oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S,IP. Mendatang.

Pejabat yang berwenang atas kepindahan pesawat tersebut melalui Komandan Komando Pemeliharaan Material TNI Angkatan Udara (Dankoharmatau) Marsekal Muda TNI Dento Priyono, atas perintah langsung Kepala Staf TNI Angkatan Udrara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E, M.M.

Dento menyampaikan bahwa pesawat ini sebelum dibawa ke Museum telah dilaksanakan perbaikan dan restorasi.

Ditambahkan pula bahwa pemindahan Pesawat MiG 17 Tail No F 1182 dari Lanud Abdulrachman Saleh Malang menuju Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala di Yogyakarta itu merupakan perintah langsung dari Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna SE. MM.

“Itu sesuai dengan perintah langsung dari Kasau untuk melengkapi koleksi di Museum Pusat TNI AU Mandala,” ujarnya.

“Dengan masuknya pesawat legendaris ini diharapkan akan menambah dan melengkapi koleksi pesawat di Muspusdirla untuk menuju Museum Pesawat terbesar di Asia dan bahkan terbesar di dunia,” papar orang nomor satu di jajar Koharmatau tersebut.

Dankoharmat menambahkan, sekain itu Peswat MiG 17 mempunyai nilai historis, dimana sebelumnya pesawat tersebut dimuseumkan di wilayah Sengkaling, Dinoyo, Kota Malang, dan diabadikan di Lapangan Dirgantara Lanud Abd Saleh.

“Karena ketika di Sengkaling kurang terawat, maka pesawat digeser ke Lanud Abdulrachman Saleh sekitar dua tahun yang lalu. Selanjutnya malam ini dipindahkan ke Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala,” imbuh Dento

(Red)

Check Also

Kalahkan Kejahatan Dengan Kasih Tuhan

Roma 12: 9-21 Renungan, sketsindonews – Kasih ini mesti dimulai dari dalam dulu, karena, tidak …

Watch Dragon ball super