Home / Artikel / PHL DKI Minta Honor dan THR Tak di Tunda

PHL DKI Minta Honor dan THR Tak di Tunda

Jakarta, sketsindonews – Bagaimana nasib non PNS yang belum diangkat seperti Tenaga Perugas Harian Lepas (PH) dan tenaga honor lainnya terkait Perpres Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah menandatangani peraturan pemerintah (PP) tentang pemberian tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 untuk pegawai negeri sipil (PNS), prajurit TNI, anggota Polisi, dan pensiunan PNS.

Pegawai di instansi pemerintahan pun tak semua sudah diangkat menjadi PNS. Ada juga yang masih berstatus sebagai honorer atau tenaga ahli. Lalu apakah honorer dan tenaga ahli dapat THR dan gaji ke-13?

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Herman Suryatman mengatakan, jika mengacu pada PP, pegawai honorer dan tenaga ahli tidak dapat THR dan gaji ke-13. (24/5)

“Tidak ada pengaturannya (THR untuk honorer),” kata Herman saat dihubungi, ujarnya saat di hubungi wartawan. (24/5)

Menurut Herman, THR para pegawai honorer dan tenaga ahli di masing-masing instansi bersifat opsional atau sesuai kebijakan pimpinannya.

Maksudnya opsional di sini, kata Herman, pemberian THR dan gaji ke-13 untuk honorer tergantung dari keputusan pimpinan di instansinya masing-masing.

Sementara bagaimana dengan nasib PHL yang ada di Pemda DKI Jakarta, mereka juga begitu was – was terhadap kebijakan tadi, sementara pihak pemprov DKi hingga kini belum menyikapi terhadap ribuan PHL yang ada baik tingkat Kelurahan, Kecamatan hingga Tigkat Kota, ujar Budi salah satu PHL di kecamatan.

Kalo aturan itu sudah jelas kami tak mendapatkan gaji 13, apalagi bicara tunjangan pegang uang setelah lebaran nanti hanya dari honor.

Ia berharap Pemda DKI seharusnya juga memperhatikan terkait kebijakan perpres THR dan gaji honor untuk dipercepat dalam penyatuan,  ucap Budi.

reporter : nanorame

Check Also

Sky Bridge Tanah Abang Ujian Pejabat Yang Terlibat Dalam Menuntaskan PKL

Jakarta, sketsimdonews – Menata “Sky Bridge’ (JPM) hingga kini masih polemik apalagi menjamin sterlitas kawasaan …

Watch Dragon ball super