Home / Artikel / PKL Jalanan Diburu Kocek Rendah Saat Lebaran, Walau Melanggar Aturan

PKL Jalanan Diburu Kocek Rendah Saat Lebaran, Walau Melanggar Aturan

Jakarta, sketsindonews – Masyarakat Jakarta punya tradisi unik saat Lebaran, yakni semuanya ingin serba baru apa yang ingin dikenakan dalam kebutuhan pernik sandang, pangan dan papan.

Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi kaum Muslimin setelah sebulan penuh melakukan ibadah puasa.

Namun kebutuhan sandang pangan dengan segala konsekwesninya juga perlu ada dalam sajian dirumah untuk menjamu silaturahim lebaran.

Bagaimana dengan kocek anda …

Tapi kebutuhan bisa banyak pilihan, apabila kocek yang dimiliki dapat disesuaikan, bisa orang berpergian pusat belanja (Mall), Toserba, atau Pedagang Kaki Lima (PKL) binaan Pemprov ataupun makin maraknya PKL illegal.

Pantauan sketsindinews.com bahwa keinginan orang belanja produk tergantung pilihan serta isi kocek (dompet), mereka tak sungkan walaupun produk Kaki lima.

Diwilayah DKI Jakarta ada beberapa titik PKL yang membuat pilihan kocek menjadi solusi alternatif berbelanja saat masyarakat memenuhi kebutuhan lebaran , diantaranya ;

Pasar Loak Poncol

Pasar yang sudah menjadi icon di bungur Kecamatan Senen yang menjadi lahan fasum fasos pemda DKI Jakarta sudah puluhan tahun berdiri yang merupakan binaan Sudin UMKM Jakarta Pusat dalam layanan setiap tahunnya jelang lebaran menjadi alternatif kebutuhan masyarakat menengah kebawah.

Pasar loak poncol dengan aneka produk bukan hanya pada pakaian tapi produk lain juga tersedia sesuai kebutuhan cara memilih kebutuhan prioritas rumah tangga.

Pasar ini yang sejak berdiri telah beberapa kali di renovasi oleh pihak pemerintah DKI, namun hingga kini dengan jumlah hampir 1000 lebih pedagang masih terkesan kumuh serta model yang tidak modern sesuai bentuk pasar layaknya di DKI Jakarta.

PKL Jiung Bendungan Jago

Sudah hampir puluhan tahunnya pula PKL ini berdiri di tengah jalan setiap sore hingga malam hari dini hari menutup jalan kawasan Bendungan Jago Kemayoran.

Sejak bulan Ramadhan sampai jelang lebaran PKL Jiung terus melebarkan sayap hingga jembatan orang pun dipergunakan.

Hingga saat ini pemerintah DKI belum bisa memberikan solusi terkait realokasi para pedagang yang hampir berjualan berjumlah 200 lebih pedagang.

Alasan PKL hingga saat ini beroperasi, katanya kawasan ini tidak menganggu fasilitas publik bagi pengguna jalan berlalu lintas. Apa iya….

PKL Masjid Akbar

PKL Akbar hingga saat ini masih pro kontra dalam keberadaan aktivitas para pedagang yang hampir berjumlah 400 lebih menguasai bandar jalan.

Namun PKL Akbar masih beroperasi hingga saat ini pihak pemilik kawasan PPKK (Pusat Pengelola Komplek Kemayoran) Sekretariat Negara walaupun melarang, tetap saja ini menjadi pasar yang menjadi icon publik setiap tahunnya ada di wilayah Kemayoran.

Hingga saat ini PKL Akbar terus dibanjiri masyarakat dalam memebeli kebutuhan lebaran tetutama pakaian, sandang serta sajian kuliner pilihan di lokasi tersebut.

doc.sketsindonews.com

PKL Pasar Nangka Utan Panjang

Kembali tumbuh sebagai pasar tradisional.yang kini muncul lagi setelah pasar ini oleh pihak pemda di revitalisasi oleh PD.Pasar Jaya menjadi Pasar PD. Bungur.

Kawasan pasar yang terletak di saluran PHB. Kali Baru Timur kini mulai muncul sejak bulan puasa hingga lebaran terus ramai dengan lapak – lapak sayuran seperti kembali pasar Nangka seperti dulunya menjadi alternatif kebutuhan warga jelang lebaran.

Pasar Baju Bekas Senen (Import)

Sejak pasca kebakaran baju Bekas (import) terus mencoba melakukan kegiatan di atas trotoar walaupun pihak pemkot Jakarta Pusat telah pemindahkan mereka di Blok V.

Namun saat jelang lebaran mereka kembali kuasai trotoar jalan Raya Senen hingga Fly Over Canopi.

Pantauan sketsindonews.com baju bekas import juga menjadi pilihan bagi masyarakat dalam kebutuhan lebaran karena selain murah “trend baju bekas” terus meningkat dikalangan pemburu baju bermerk.

doc.sketsindonews.com

Pasar Gembrong Mainan Cipinang

Pasar mainan ini juga menjadi pilihan publik Jakarta dengan berbagai sajian produk mainan anak – anak hingga kebutuhan sandang.

Saat lebaran pasar ini menjadi pilihan warga jakarta berbelanja hingga terus menimbulkan macet jalan.Walaupun pihak Pemda DKI telah merevitalisasi pasar tersebut, namun pedagang kembali penuhi bandar jalan.

 

reporter : nanorame

 

 

 

 

 

 

 

Check Also

Rico di Jerusalem : Doa Masyarakat Jordan Untuk Prabowo Menjadi Presiden RI

Jakarta, sketsindonews – Sosok Prabowo Subianto di mata publik Jordania terutama masyarakat muslim sangat familiar dengan calon presiden (Capres) Prabowo Subianto. Karena Prabowo pernah tinggal di Negara Jordania cukup lama sehingga mereka tak asing, apalagi terdengar Prabowo Subianto di harapkan menjadi Presiden Republik Imdonesia.

Mereka mendoakan agar Prabowo-Sandiaga Uno terpilih memimpin Indonesia dengan damai, beradab untuk majunya bangsa-bangsa di dunia.

Hal ini diungkapkan Ketua Aliansi Masyarakat Jakarta (Amarta) M Rico Sinaga saat ini berada di Jordania dalam rangka melakukan perjalanan wisata religius ke Jerusalem.

rico.sinaga.jerusalem.teligius.doc 

Doa warga negeri Jordania dengan mayoritas muslim yang sangat kaya minyak bumi untuk pasangan Prabowo-Sandi sangat berharap menjadi pemimpin di Indonesia.

“Masyarakat Jordania sangat familiar dengan Prabowo Subianto. Mereka mendoakan agar Prabowo- Sandi menang dalam Pilpres 2019 nanti. Masyarakat Jordan tahu Prabowo sedang maju ke dua kalinya menjadi capres,” katanya. (23/9)

Rico juga menyampaikan selamat kepada Prabowo-Sandi atas hasil pengundian oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Jumat (21/9/2018 ) malam, di mana duet ini menempati nomor urut 2.

“Selamat kepada pasangan Prabowo-Sandi mendapat nomor 2″.

Itu dua jari victory Kemenangan. Saya berbincang-bincang dengan beberapa lapisan masyarakat di Jordan negara Islam ini, saya senyum-senyum, mereka familiar dengan nama Prabowo,” ucap Rico melalui pesan WhatsApp kepada sketsindonews.com.

reporter : nanorame

Terkait

Watch Dragon ball super