Back

Media Terpercaya

PN Jakpus Wacakan Sidang Vicon

Jakarta, sketsindonews – Pesatnya perkembangan teknologi komunikasi saat ini memungkinkan setiap orang dengan mudah bertatap wajah langsung.

Untuk itu Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pun berencana akan menggelar persidangan melalui video conference atawa vicon. Sebab dengan vicon memungkinkankan dua pihak atau lebih di lokasi berbeda dapat berinteraksi secara bersamaan.

Menurut Ketua PN Jakpus, Dr Yanto pihaknya telah siap menggelar sidang vicon. Namun kata dia, terkait wacana ini masih akan dikoordinasikan dengan penegak hukum lainnya.

“Kami akan melakukan koordinasi dengan penegak hukum lainnya,” kata Dr Yanto kepada sketsindonews.com, Rabu (25/3/20) siang.

Sebelumnya, Jaksa Agung ST Burhanuddin menantang KepalaKejaksaan Tinggi di seluruh Indonesia melakukan sidang melalui vicon. Dengan begitu, proses penegakan hukum tetap berjalan di tengah wabah virus corona.

Hal itu dilontarkan Burhanuddin saat melaksanakan konfrensi video dengan Kepala Kejaksaan Tinggi, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi, dan Para Asisten di Kejaksaan Tinggi, Selasa (24/3/2020).

“Saya tantang para Kajati se-Indonesia agar mulai hari ini bisa berkoordinasi dengan jajaran pengadilan dan lapas di daerah. Bagaimana caranya dapat melaksanakan sidang dengan menggunakan video conference,” kata Burhanuddin.

Burhanuddin pun meminta Kejaksaan Tinggi yang sudah melakukan hal tersebut agar melapor kepada dirinya. Ia ingin agar pelaksanaan sidang melalui vicon dapat diterapkan di seluruh Indonesia.

(Sofyan Hadi)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.