Home / Artikel / Poktan Di Cikini Tingkatkan Kwalitas Lingkungan dan Produktifitas Warga

Poktan Di Cikini Tingkatkan Kwalitas Lingkungan dan Produktifitas Warga

Jakarta, sketsindonews – Keberadaan Kelompok Tani (Poktan) di tengah kota selain mendorong inovasi pembedayaan lokal masyarakat dan menata kwalitas lingkungan menjadi hijau dihunian padat.

Seperti apa yang sudah dilakukan Lurah Cikini Kecamatan Menteng Kota Jakarta Pusat Ati Mediana dengan terus melakukan menginovasi 2 (dua) kelompok tani (poktan) di RW 03 bantaran Kali Ciliwung dan Kelompok Sehati di RW 01 sebagai sarana peningkatan produktifitas warga.

cikini.panen.poktan.warga.doc

“Dua kelompok tani ini warga yang menjadi inisiator yakni melakukan penanaman baik itu pohon toga, pohon produktif hingga metode tanam padi dengan menggunakan pot, serta pembuatan sumber daya ikan lele.” kata Ati.(18/4)

Kelompok tani warga setempat sebelumnya sudah mendapat lisensi penghargaan dari hasil verifikasi Swasti Saba Wistara dalam ketahanan pangan dan gizi dari pemkot Jakarta Pusat dan Kementrian Pertanian.

Sambung Ati, sebulan sekali mereka lakukan panen seperti sayuran “seledri” hasilnya distribusikan ke masyarakat serta hasilnya untuk peningkatan income selain berkumpul makan bareng antar petani dalam upaya menjalin silaturahim.

Selebihnya hasil itu juga dilakukam untuk pembelian pupuk tanaman yang ada dari peningkatan dan kawalitas tanaman yang ada.

Lanjut Ati yang kerap rajin menyusuri warga ini kembali menjelaskan, 2 (dua) titik lokasi poktan yang ada berkat tangan terampil PPSU juga mereka mekukan perbaikan terhadap objek lingkungan (pralon MCK) serta membuat lukisan grafiti dalam upaya menambah suasana limgkungan agar asri selain menciptakan edukasi sehat bagi warga lingkungan, kata Ati.

reporter : inong

Check Also

Calon Kuat Peganti Sandiaga, M Taufik Menguat Sebagai Wagub DKI

Jakarta, sketsindonews – Para Aktifis Jakarta telah menduga pertarungan di DPRD DKI peganti Wagub Sandiaga …

Watch Dragon ball super