Polda Kepri Gelar Operasi Katarak Gratis

Kepri, sketsindonews – Polda Kepri kembali melaksanakan Bakti Sosial Kesehatan Operasi Katarak secara Gratis di RS Bhayangkara Polda Kepri, pada hari Sabtu (9/11/19).

Kegiatan tersebut terlaksana berkat Kerjasama Polda Kepri bersama Himpunan Bersatu Teguh dan Bala Bentara Indonesia diketuai, Andreas Sofiandi; Persatuan Dokter Mata Indonesia (PERDAMI); RS Awal Bros Batam; RS BP Batam; Dinkes Prov Kepri; dan BP Batam.

Diketahui ada 7 Kabupaten dan 2 kota di Kepri yang ikut mendaftar, dengan total pasien sekitar 334.

Selanjutnya pada pasien dilakukan  (screening) guna kelayakan dan resiko operasi.

Lalu terdapat 152 orang pasien (81 laki-laki dan 71 perempuan) yang memenuhi syarat dilaksanakan operasi katarak.

Adapun keseluruhan pasien tersebut masing-masing berasal dari, Kota Batam sebanyak 97 orang, Kabupaten Karimun sebanyak 37 orang, Kabupaten Bintan sebanyak 8 orang, Kabupaten Tanjung Pinang sebanyak 6 orang, dan Kabupaten Lingga sebanyak 4 orang.

Seitar 182 pasien yang dinyatakan tidak memenuhi syarat karena 101 pasien pterigium (lemak menutupi lensa mata), 43 katarak immatur (katarak belum matang), 27 visus baik (masih tajam penglihatan) dan 11 hanya iritasi mata.

Dalam Bakti sosial kesehatan Polda Kepri ini juga di isi dengan kegiatan Penyerahan bantuan Mikroskop ke 6 SMA di kota Batam, serta pemberian plakat dan piagam penghargaan dari Kapolda Kepri kepada Andreas Sofiandi, Andry Wibowo dan 12 Dokter Spesialis Mata masing-masing 4 dari Pekan Baru, 3 Jakarta, 3 Batam, 1 Tanjung Pinang dan 1 Karimun.

(Ian)