Back

Media Terpercaya

Polres Bangkalan Tepis Isu Jembatan Suramadu Ditutup Akibat Corona

Bangkalan, sketsindonews – Kepolisian Resort Bangkalan, Jawa Timur, menepis kabar penutupan Jembatan Suramadu akibat mewabahnya virus corona Covid-19. Seperti yang disampaikan sopir travel Mustar Arifin (28) warga Kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan. 

“Jika Jembatan Suramadu ditutup, berarti kita harus lewat Pelabuhan Kamal. Masak karena corona akses jalan mau ditutup,” respons dia, Jumat (27/3/20).

Sementara Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra mengatakan, Jembatan Suramadu merupakan akses jalan umum warga Madura ke Pulau Jawa. Kegitan penutupan hanya bisa dilakukan dalam momen-momen tertentu. 

“Isu ini sama sekali tidak benar alias hoaks, karena Jembatan Suramadu merupakan akses nasional yang tidak bisa sembarang ditutup,” kata Rama. 

Menurut Rama, mewabahnya virus corono tidak bisa bertendensi terhadap akses jalan, apalagi sampai menutup jalan tol. Justru di Suramadu, polisi setiap hari bersiaga dan memeriksa kesehatan penumpang bus antar-kota dengan menyemprotkan cairan disinfektan. 

“Tidak menutup kemungkinan penumpang mobil pribadi nanti juga akan diperiksa. Pemeriksaan terhadap bersifat selektif prioritas supaya tidak menimbulkan kemacetan,” ujarnya. 

Hal itu dilakukan sebagai langkah antisipasi terhadap penyebaran virus corona dengan memeriksa suhu kesehatan masyarakat yang keluar-masuk lewat Jembatan Suramadu. 

“Demikian dilakukan, bukan berarti harus menutup Jembatan Suramadu,” jelasnya. 

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengimbau kepada masyarakat agar jangan mudah percaya dengan isu yang tidak jelas sumbernya. Sehingga tidak membuat gaduh publik. 

“Jangan buat panik. Kita waspada saja, kurangi aktivitas di luar rumah jika tidak terlalu penting,” pungkasnya. 

(nru/skt) 

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.