Home / Artikel / Pompa Air di Sejumlah Underpass Januari 2018 Diserahkan Wilayah Tingkat Kota

Pompa Air di Sejumlah Underpass Januari 2018 Diserahkan Wilayah Tingkat Kota

Jakarta, sketsindonews – Jakarta cuaca ekstrem dengan curah hujan angin mengakibatkan sejumlah genangan air di jalan dan rumah warga.

Apa yang menjadi penyebab, apakah debet air, saluran atau tidak fingsinya sejumlah pompa air yang ada di sejumlah titik saat hujan deras mendera.

Kepala Sudin Bina Marga Sukowibisono menjelaskan, pompa air yang menjadi tanggung jawab kami keberadaannya ada di under pass, dari jumlah 11 under pass di di area Jakarta Pusat selama ini terpasang 6 pompa di under pass duku atas, 4 pompa under pass Senen, dan underpass pramuka 4 pompa, tukasnya.

Menurutnya, kejadian duku atas karena memang faktor alam selain hasil pemeriksaan pompa duku atas 3 diantaranya 3 komdisi baik, namun saat kejadian hukan deras 1 pompa alami rusak.

Artinya, kata Suko. 2 kondisi baik ternyata tidak memadai dalam memompa debet air, hanya mesin pompa kekuatan capaian 100 liter per detik. Sementara yang rusak mesin pompa duku atas 250 liter per detik.

Dari pemeriksaan yang ada hingga saat ini kondisi pompa sekarang : kecuali senen 2 rusak, dalam perbaikan, pramuka 1 rusak, 2 bagus. Untuk underpass Tanah Abang
tanpa pompa hanya menggunakan sistem grafitasi dalam operasional penanganan genangan.

Lanjut Suko, faktor lain pompa itu tak maksimal pula karena banyak saluran bukan hanya lumpur hingga utilitas yang menumpuk lemahnya pengawasan. (16/12)

Berikut pompa air yang ada di Jakarta Pusat yang mengcover underpass mulai tanggal 2 Januari 2018 pihak Dinas Bina Marga menyerahkan sepenuhnya pada tingkat Sudin Tingkat Kota, yakni ‘ pompa underpass duku atas, under pass angkasa dan underpass pramuka.

Sementara pompa underpass blossom Gandhi hingga saat ini masih milik asset Sekretariat Negara (PPKK) belum diserahkan ke pihak pemprov DKI Jakarta sehingga kami agak sulit dalam pemeliharaannya karena kewenangan kami hanya pada pompa air untuk struktur bangunan itu menjadi kewenangan Dinas Bina Marga, tutup Suko.

reporter : nanorame

 

 

 

 

 

 

Check Also

Calon Kuat Peganti Sandiaga, M Taufik Menguat Sebagai Wagub DKI

Jakarta, sketsindonews – Para Aktifis Jakarta telah menduga pertarungan di DPRD DKI peganti Wagub Sandiaga …

Watch Dragon ball super