Home / Artikel / Prabowo Gak Ikhlas Wagub Dari PKS, Siapa Pilihan Gubernur Anies

Prabowo Gak Ikhlas Wagub Dari PKS, Siapa Pilihan Gubernur Anies

Jakarta, sketsindonews – Dalam diskusi akal sehat yang bertemakan “Siapa Pantas Gantikan Sandi, PKS Menekan, Getrindra Melawan” yang di selenggarakan oleh Dimensi Centre di Jalan Saharjo RM. Andalas Jakarta Selatan, terbersit Partai Gerindra sangat ngotot untuk posisi Wagub DKI yang di tinggalkan Sandiaga Uno untuk diisi kader Gerindra.

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dinilai tak merelakan apabila kursi wakil gubernur DKI Jakarta yang ditinggalkan Sandiaga Uno diisi kader PKS.

“Kalau Prabowo ikhlas kursi wagub diambil PKS, mungkin sudah sejak dua minggu lalu Prabowo bicara soal pengganti Sandi tak pelik hingga daat ini orang masih menerka, kata Ketua Aliansi Masyarakat Jakarta (Amarta), M Rico Sinaga selaku pembicara.

Rico juga memperkirakan Prabowo baru akan mengumumkan wagub pengganti Sandi setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada 20 September 2018 mendatang.

“Kalau sudah penetapan capres-cawapres, baru clear semua peta politik,” ujar Rico. (7/9)

Posisi wagub DKI masih kosong usai ditinggalkan Sandi yang maju di Pilpres 2019.

Dari Partai Gerindra, kandidat kuat pengganti Sandi adalah Mohamad Taufik yang kini menjabat wakil ketua DPRD DKI Jakarta sekaligus Ketua DPD Partai Gerindra DKI.

Sedangkan dari PKS sebagai teman koalisi Partai Gerindra, beberapa nama muncul di antaranya Mardani Ali Sera, kemudian mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan mantan Wakil Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu.

Sementara Pengamat Politik sekaligus Ketua Budgeting Metropiltan Watch (BMW) menuturkan, proses parlemen sangat menentukan dalam nantinya dalam rapat di DPRD DKI dalam menentukan siapa posisi Wagub DKI Jakarta.

Resistensi politik juga menjadi pertimbangan dalam memilih Wagub DKI karena intinya harus di terima oleh Gubernur DKI Anies Baswedan, setidaknya kader Gerindra dalam mendukung calonnya harus cerdas bagaimana bargaining position ektra parlemen dalam memberikan pandangan mampu meyakinkan seorang Prabowo Subianto, tukasnya.

Selain pula bisa meyakinkan Gubernur Anies Baswedan dalam pilihan yang benar bisa menjamin calon Wagub dalam menjalankan roda pemerintahan di DKI Jakarta.

Publik mengetahui bahwa ini jatah PKS, tapi politik itu dinamis dan di tentukan oleh mekanisme UU dalam pemilihan nantinya di DPRD yang harus di lakukan masing parpol penggusung kadernya untuk beradu voting.

Tambah Amir, bisa juga nanti dalam menengahi ini ada calon alternatif dari 2 nama tersebut karena pertimbangan – pertimbangan resistensi politik serta dinamika yang dilihat dari sudut pandang lain menetapkan seorang Wagub DKI.

Tentunya dilihat dari peristiwa politik hingga menjalin komunikasi legislatif dan eksekutif bisa seiring dalam menjalankan roda pemerintahan untuk sama lebih baik, ucap Amir.

reporter : nanorame

Check Also

Garda Perawat Kebangsaan Selenggarakan Arrow Training Calon Pemimpin Bangs

Jakarta, sketsindonews – Lembaga pendidikan yang bertujuan untuk membentuk karakter kepribadian yang handal siap menjadi …

Watch Dragon ball super