Home / Berita / Presiden Adalah Kepala Pemerintahan dan Bukan Petugas Penegak Hukum Tertinggi atau Chief Law Enforcement Officer
Foto istimewa pasangan capres cawapres. (Dok. Times Indonesia)

Presiden Adalah Kepala Pemerintahan dan Bukan Petugas Penegak Hukum Tertinggi atau Chief Law Enforcement Officer

Opini, sketsindonews – Terkait Pernyataan Paslon 02 Prabowo- Sandi dalam debat perdana yaitu Presiden merupakan chief law enforcement officer yaitu petugas  penegak hukum  yang  tertinggi  di negara merupakan pemahaman yang tidak tepat atas sistem ketatanegaraan Indonesia. 

Patut dipahami secara sederhana lembaga-lembaga negara dibagi atas lembaga yang berwenang membentuk hukum dalam hal ini Undang-Undang (legislatif), lembaga yang melaksanakan Undang-Undang dan menjamin keamanan, ketertiban dan kesejahteraan di masyarakat (eksekutif) dan lembaga yang menegakkan Undang-Undang dalam hal ada seseorang, kelompok orang atau badan hukum yang melanggarnya (yudikatif).

Presiden dalam sistem pemerintahan presidensial seperti yang dianut oleh Indonesia adalah kepala pemerintahan yang melaksanakan kekuasaan di bidang eksekutif yang tidak boleh mencampuri kekuasaan di bidang yudikatif yang dilaksanakan oleh badan peradilan dalam hal ini Mahkamah Agung beserta badan peradilan di bawahnya dan oleh Mahkamah Konstitusi. 

Presiden tidak boleh mencampuri pelaksanaan tugas penegakan hukum yang dilakukan oleh badan yudikatif karena kekuasaan kehakiman sebagaimana disebut oleh Pasal 24 ayat (1) UUD 1945 dijamin sebagai kekuasaan yang merdeka dan harus bebas dari campur tangan kekuasaan manapun termasuk dari Presiden sekalipun.

Presiden tidak boleh mencampuri kekuasaan yudikatif karena sangat dimungkinkan Presiden beserta jajaran di bawahnya menjadi pihak yang bersengketa di pengadilan melawan masyarakat atau badan hukum tertentu. Untuk itu badan peradilan harus dijamin kemerdekaan agar dalam memberikan putusan tidak berada dalam ancaman pihak manapun dan dapat independen dalam membuat keputusan.

Jika kemudian ada anggapan Presiden adalah petugas  penegak hukum  yang  tertinggi  di negara karena Presiden membawahi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Kejaksaan RI yang salah satu kewenangannya adalah melaksanakan fungsi-fungsi yakni penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan maka perlu diingat bahwa UUD 1945, Kita Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), UU Polri dan UU Kejaksaan telah memberikan jaminan bahwa lembaga tersebut dalam menjalankan tugas penegakan hukum tetap harus bebas dari campur tangan Presiden mengingat penegakan hukum sebagai suatu sistem yang dimulai dari penyelidikan, penyidikan, penuntutan dan peradilan merupakan sistem penegakan hukum terpadu yang harus bebas dari segala kepentingan orang perorangan termasuk kepentingan Presiden dan jajarannya. 

Bahkan KUHAP menjamin jika kepolisian atau kejaksaan dalam melaksanakan tugas penegakan hukum terindikasikan mengalami intervensi seperti menetapkan tersangka tanpa dasar yang kuat atau sebaliknya menghentikan penyidikan atau menghentikan penuntutan perkara maka pihak yang dirugikan bisa membawanya ke pra peradilan yang akan diperiksa oleh pengadilan. 

Jika persoalannya adalah bagaimana peran Presiden dalam meningkatkan kualitas penegakan hukum agar berkeadilan dan mampu memenuhi harapan masyarakat, maka sebenarnya Presiden memiliki kewenangan strategis yaitu untuk memilih pimpinan di kepolisian dan kejaksaan agar diisi figur yang berintegritas dan cakap dalam melaksanakan tugasnya. 

Artinya jika pimpinan kepolisian dan kejaksaan dianggap Presiden tidak cakap lagi dalam menjalankan tugas melakukan penegakan hukum yang berkeadilan sebagaimana harapan masyarakat maka sesuai mekanisme yang berlaku Presiden diberikan kewenangan untuk menggantinya dengan figur yang lebih cakap.

Oleh: Direktur Pusat Pengkajian Pancasila dan Konstitusi (PUSKAPSI) Fakultas Hukum Universitas Jember, Bayu Dwi Anggono

Check Also

Gerindra: Impor Jagung Memang Turun Tapi Malah Impor Gandum Besar-Besaran

Jakarta, sketsindonews – Pernyataan Capres Joko Widodo dalam debat publik kedua kemarin tentang kesuksesannya menurunkan …

Watch Dragon ball super