Home / Berita / Nasional / Presiden Berlakukan PPKM Darurat Jawa – Bali, Sektor Esensial di Wilayah DKI di Batasi Waktu Operasi

Presiden Berlakukan PPKM Darurat Jawa – Bali, Sektor Esensial di Wilayah DKI di Batasi Waktu Operasi

Jakarta, sketsindonews – Presiden Joko Widodo hari ini perintahkan Menteri Kordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan untuk memberlakukan PPKM darurat untuk wilayah Jawa dan Bali dalam menghambat lajunya penyebaran kasus Covid – 19 hal ini akan berlaku mulai berlaku 3 Juli sampai 20 Juli 2021.

“Saya memutuskan untuk memberlakukan PPKM Darurat sejak tanggal 3 Juli hingga 20 Juli 2021 khusus Jawa dan Bali,” kata Jokowi, Kamis (1/7/21).

Sebelumnya Jokowi menyebut PPKM Darurat ini akan berlaku di 6 provinsi dan 44 kabupaten di Jawa-Bali. Penerapan aturan baru ini tak terlepas dari lonjakan kasus Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir.

Satgas Covid-19 menyatakan Indonesia telah memasuki gelombang kedua pandemi Covid-19. Hal ini ditandai dengan melonjaknya kasus positif harian hingga menyentuh rekor 21.342 kasus pada Minggu (27/6) dan 21.807 kasus pada Rabu (30/6).

Selain itu, kasus positif ini telah melampaui lonjakan yang sempat terjadi pada Januari lalu. Saat itu, laju penularan Covid-19 dalam sepekan mencapai 89.902 kasus. Sementara, dalam sepekan ini, jumlah kasus mencapai angka 125.396.

Hingga kemarin, total kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai 2.178.272 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.880.413 orang dinyatakan sembuh, 58.491 orang meninggal dunia, dan  239.368 orang dalam perawatan maupun isolasi mandiri.

Bagaimana PPKM Darurat di DKI

Wacana pemberlakuan PPKM Darurat mencuat seiring dengan lonjakan kasus Corona (COVID-19). Lantas, apakah Pemprov DKI Jakarta siap menerapkan PPKM Darurat?.

“Insyaallah DKI sejak awal siap. Apa pun yang menjadi kebijakan yang diputuskan oleh pemerintah pusat, DKI siap melaksanakannya dengan sebaik-baiknya,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (29/6/21).

Riza menyampaikan jajaran Pemprov DKI Jakarta telah menggelar rapat bersama Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Politikus Gerindra itu memastikan akan ada kebijakan baru yang ditetapkan dalam waktu dekat ini.

“Pokoknya akan ada kebijakan baru yang akan diambil, tapi detailnya kita tunggu pengumuman dari pemerintah dari satgas pusat, dari Pak Menko terkait,” jelasnya.

Jubir Menko Marves Jodi Mahardi sebelumnya membenarkan bahwa Luhut ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Koordinator PPKM Darurat untuk Pulau Jawa dan Bali. Pengetatan saat ini sedang disusun.

Betul Menko Marves telah ditunjuk oleh Bapak Presiden Jokowi sebagai Koordinator PPKM Darurat untuk Pulau Jawa dan Bali. Saat ini sedang diformulasikan tindakan pengetatan yang akan diambil. Pengumuman resmi akan disampaikan langsung oleh Bapak Presiden Jokowi,” ujarnya.

Sektor esensial akan tetap beroperasi dengan durasi yang lebih singkat. Warga diminta tidak panik akan rencana PPKM Darurat ini, ujar Ariza Patria.

(Nanorame)

Check Also

Presiden Dorong Kemudahan Akses Permodalan bagi Pelaku UMKM

Bogor, sketsindonews – Presiden Joko Widodo mendorong kemudahan akses permodalan bagi para pelaku usaha mikro, …

Watch Dragon ball super