Home / Artikel / Program Doktor Ilmu Hukum UNS Gelar Konferensi Internasional IC-GLOW 2018

Program Doktor Ilmu Hukum UNS Gelar Konferensi Internasional IC-GLOW 2018

Solo, sketsindonews – Program Doktor Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret menyelenggarakan International Conference dengan tema “Globalization of Law and Local Wisdom”.

“Konferensi ini digelar dengan mempertimbangkan bahwa Globalisasi sangat mempengaruhi perkembangan dinamika hukum saat ini dan saat yang akan datang,” ujar komite Penyelenggara IC-GLOW. DR (C) Yudi Pratikno S.H.MH, yang kesehariannya juga bertugas di TNI Angkatan Udara.

Lebih lanjut dikatakan bahwa Konfrensi ini di ikuti oleh 33 perguruan tinggi Negeri maupun swasta di seluruh Indonesia dengan jumlah participan 160 orang dan sekitar 101 Presenter dan narasumber para ahli hukum dalam dan luar negeri.

Diketahui bahwa narasumber yang dihadirkan pada hari pertama dilaksanakan seminar umum adalah Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, Dr. Anwar Usman, S.H.,M.H; Dekan Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Prof. Dr. Supanto.,S.H.,M.Hum; Prof. Dr ida Madeiha Abdul Ghani Azmi dari Internasional Islamic University of Malaysia; Prof. Yuzuru Shimada dari Nagoya University, Japan; Dr. Albertjan Tollenar Universitas Of Groningen Netherlands; serta Prof. Anis Bajrektarevic the Chainperson for International Law and Global Policy Studies In Vienna, Austria.

Pembicara tersebut merupakan pembicara yang concern dalam bidangnya, sehingga tidak hanya mahasiswa program doktor saja yang tertarik untuk mengikutinya, terbukti salah satu peserta yang ikut sebagai peserta adalah salah satu begawan dalam bidang hukum udara dan penerbangan Prof. Dr. H K Martono S.H.LLM. seorang konseptor lahirnya Undang-undang Penerbangan (UU No 1 tahun 2009).

“Undang-undang penerbangan tidak lepas dari aturan Internasional ICAO,” ucap yudi yang tetap konsisten menulis keterkaitan tindak pidana /unlaw full dikaitkan dengan sistim managemen security bandara terkait dengan safety flight dimana tulisan ini dipublikasikan dalam thesisnya di FH UNPAD 2008 silam.

Sementara dalam jurnal ilmiahnya yang akan dikirim ke Jurnal Internasional Scopus masih terkait dengan CPP Crime Preventif Program terkait dengan Safety Flight dengan SWOT methode sebagai pijakanya.

Dasar karya ilmiah ini pula yang akan dituliskan dalam Desertasinya yang sesuai dalam bidang tugasnya.

Pada hari ke dua para peserta dibagi dalam 8 chambers untuk mempresentasikan karya ilmiahnya dihadapan chairs yang sesuai dengan bidangnya.

Prof Anis dari Austria salah satu chairs sangat tertarik dengan karya ilmiah yang disampaikan para presenter, sehingga mengharapkan adanya tambahan waktu penyelenggaraan di masa yang akan datang.

Sementara secara terpisah Prof.Dr Yuzuru simada dari jepang sangat antusias dengan penyelenggaraan konfren IC-GLOW 2018 dan berharap untuk terus dilksanakan setiap tahunya.

Komfrensi Internasional ini merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa Program Doktor seperti yang disampaikan Prof Dr Hartiwiningsih selaku ketua Prodi Program Doktor Ilmu Hukum .

“Dengan diadakannya konfrensi ini diharapkan dapat membawa diskusi-diskusi ilmiah yang dapat menyegarkan atmosfir hukum di Indonesia seiring berkembangnya tatanan global sehingga Fakultas Hukum UNS dapat senantiasa memfasilitasi perkembangan hukum di Indonesia melalui diskusi-diskusi di forum-forum ilmiah,” ujar salah satu peserta confres yang di aminkan oleh comite DR (C) Adam dan panitia yang lainya.

“Kegiatan dilanjutkan hari ke tiga dengan city tour bersama ke Candi Borobudur dan ke kota Yogyakarta yang dipimpin oleh comite DR (C) Hartono,S.H.MKn dengan tujuan mengakrabkan seluruh panitia dengan ahli hukum asing agar bisa untuk berinteraksi sekaligus memperkenalkan khasanah budaya Indonesia,” ucap DR (C) Budi Setyanto, SH.MH yang merupakan comite yang sehari hari sebagai lawyer spesialis sengketa pilkada.

Salah satu pembicara Albertjan Tollenar Universitas Of Groningen Netherlands, sangat apresiasi sekali dan menikmati keindahan candi Borobudur dan Malioboro ini adalah bentuk keramahan panitia penyelenggara yang sangat baik dalam mengemas acara. Hal ini tidak lain adalah berkat dari bimbingan DR Emmy Latifah S.H.MH yang merupakan dosen pengajar di PDIH UNS, beliau sangat membantu pelaksanaan seminar ini tanpa kenak lekalh ujar DR (C) Linda yang merupakan dosen di Universitas Jenderal Sudirman yang merupakan presenter dalam seminar ini.

“Dengan kegiatan confrence yang di dahului gala dinner, open ceromoney, kegiatan seninar unum, presentation di tiap chamber dan ditutup dengan city tour dengan lancar,” ucap DR (C) Untung SH.MH dosen FH Atmajaya.

“Dengan harapan semoga seluruh peserta dan pembicara kekurangan comite dalam penelenggaraanya terucap iringan terimakasih kepada seluruh rekan rekan candudat doktor PDIH Universitas Sebelas Maret yang sangat solid dalam mendukung terselenggaranya Seninar Internasional ini,” tandasnya.

(Red)

Check Also

Kalahkan Kejahatan Dengan Kasih Tuhan

Roma 12: 9-21 Renungan, sketsindonews – Kasih ini mesti dimulai dari dalam dulu, karena, tidak …

Watch Dragon ball super