Psikososial Ulama di Pusaran Bencana

oleh
oleh
banner 970x250

Jakarta, sketsindonews – Mengawali tahun 2021, dari Januari sampai Februari awal,  bencana terjadi di berbagai wilayah di Indonesia terasa bertubi-tubi. Dari jatuhnya pesawat Sriwijaya Air, gempa bumi, tanah longsong dan banjir bandang. Belum lagi bencana pandemi Covid-19 yang  belum juga usai, terlebih Indonesia belum selesai melewati gelombang pertama pandemi ini seperti negara-negara lain.

Dan bencana pandemi Covid-19 telah menjadi induk bencana yang telah melahirkan bencana lainnya: PHK, pengangguran, dan bertambahnya kemiskinian. Walhasil, bangsa ini, sampai di awal bulan Februari ini, tengah berada di pusaran bencana! Lalu, di mana peran ulama?

banner 300x600

“Apa hanya cukup memberikan Taushiyah?,” ucap Kepala Lembaga Peradaban Luhur (LPL)/Sekretaris RMI-NU DKI Jakarta, Rachmad Zaelani, Senin (8/2/21).

Ini menjadi satu pemikiran bagaimana peran ulama juga ikut terhadap peran kemaslahatan Negara membangun sebuah peradaban kepedulian hingga aktif berperan ditengah kesulitan masyarakat.

“Sebuah pelatihan untuk para pelatih,  training of trainers (TOT) bagi  Pendampingan Tokoh Agama dalam Penanggulangan Bencana-Dukungan Psikososial telah dilaksanakan dan ikuti selama tiga hari telah memberikan wawasan baru kepada para peserta peran tokoh agama, ulama, yang sangat penting ketika terjadi bencana, terutama dalam tindakan psikososial kepada para penyintas atau korban bencana,” ucapnya

Kegiatan TOT yang diselenggarakan oleh Wahana Visi Indonesia yang didukung oleh USAID ini menghadirkan narasumber yang sudah berpengalaman dalam menangani korban bencana, ulama, psikolog dan aktivis yang kegiatan ini bertujuan agar peserta dapat melakukan tindakan psikososial jika terjadi bencana.

Pengertian psikososial sendiri adalah hubungan dinamis antara aspek psikologi dan sosial, dimana masing-masing saling berinteraksi dan mempengaruhi secara berkelanjutan. Sedangkan tindakan psikososial adalah memberikan bantukan secara psikologi kepada individu dan komunitas atau kelompok.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.