Puasa: Sebuah Upaya Peningkatan Disiplin dan Etos Kerja

oleh
oleh
banner 970x250

Oleh : Letko Sus Giyanto

SERING kita memaknai bahwa hikmah puasa hanya edentik dengan amalan-amalan agama saja, seperti sholat tarawih, baca qu’ran, sholat sunnah, berdo’a, dan lain sebagainya. Namun lebih jauh dari itu banyak amalan selain yang disebutkan tadi sesungguhnya adalah merupakan amalan yang justru tidak kita sadari tapi menjadi suatu amalan yang mempunyai nilai ibadah yang tinggi, semisal dalam peningkatan disiplin dan etos kerja baik di satuan kita bekerja maupun intansi lain yang merupakan tempat bekerja.

banner 300x600

Sehingga hikmah menjalankan ibadah puasa berkaitan erat dengan amalan puasa yang dijalani, tidak terbatas hanya dengan menahan lapar dan dahaga, selain berkaitan dengan amalan ibadah, namun juga kegiatan lain seperti bekerja/Dinas. Untuk itu dalam menjalankan ibadah puasa tidak hanya fokus terkait ibadah spiritual saja, namun sebenarnya puasa memiliki banyak keutamaan baik untuk diri sendiri maupun hubungan sesama manusia serta hubungan dengan Allah SWT.

Dengan hadirnya bulan suci Ramadhan ini, diharapkan mampu menjadi nutrisi baru dan motivasi bagi kita semua khususnya yang saat ini sedang melaksanaan pengabdianya kepada negara dan bangsa. Sebagai komitmen dan konsistensi kita dalam menjalankan tugas, maka untuk tidak bermalas-malasan bekerja, tetapi berupaya meningkatkan disiplin diri dan etos kerja sesuai dengan tugas dan fungsinya. Kita melakukan semua pekerjaan dengan niat karena Allah dan tentunya disertai doa agar apa yang kita kerjakan hendaknya selalu berada di jalan yang lurus dan diridhoi oleh Allah SWT.

Maka bulan yang penuh berkah ini hendaknya menjadi ajang intropeksi diri dan perbaikan iman, akhlaq, moral serta hati, sehingga dapat bekerja lebih optimal dan syukur profesional dengan niat mencari ridlo Allah. Maka makna dan hikmah menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan ini bila ditinjau dari sisi rohani dan jasmani, diantaranya :

1. Melatih disiplin terhadap waktu

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.