Home / Berita / Hari Pahlawan, BMI: Rakyat Indonesia Harus Bisa Menjaga Eksistensi NKRI
Ketua DPP Banteng Muda Indonesia Bidang Idiologi dan Kaderisasi, Catur Adi S. Bronto. (Dok. Pribadi)

Hari Pahlawan, BMI: Rakyat Indonesia Harus Bisa Menjaga Eksistensi NKRI

Jakarta, sketsindonews – Ketua DPP Banteng Muda Indonesia Bidang Idiologi dan Kaderisasi, Catur Adi S. Bronto mengatakan, memaknai hari pahlawan pada 10 November haruslah bisa menjaga eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Bahwa perjuangan para pahlawan terdahulu sebagai bangsa yang merdeka, berdaulat dan mandiri harus betul-betul kita teruskan apa yang menjadi amanah mereka,” tegas Catur kepada awak media, Jumat (10/11).

Oleh karena itu, lanjut Catur, apa yang telah diwarisi hingga saat ini harus mampu membawa keperibadian dan kehidupan yang baik dan menjadi bangsa yang kuat dan kokoh.

“Yang sangat terpenting, kita semua sebagai masyarakat yang tinggal di Indonesia dan yang telah diwarisi oleh para pahlawan ini harus menjaga dengan baik demi keutuhan NKRI,” katanya.

Tak hanya itu, kata Catur, nilai-nilai pancasila sebagai falsafah bangsa, UUD 1945, NKRI dan  Bhineka Tunggal Ika harus tetap tumbuh dan berkembang di setiap sanubari masyarakat dan diamalkan, sesuai yang termaktub didalam isi dan alenia-alenia tersebut.

“Dengan keempat pilar itu, bangsa dan Negara ini milik semua, tak boleh ada satu kekuatan pun yang mengatasnamakan agama, kelompok dan golongan yang boleh mengklaim negara ini miliknya dan harus dikuasai dan diurus oleh kekuatannya. Semua komponen bangsa harus berangkat dari semangat empat pilar tersebut,” jelasnya.

Selain itu, Catur juga menghimbau kepada generasi muda Indonesia sebagai tulang punggung bangsa ini, harus selalu tumbuh semangat cinta tanah air, semangat kebersamaan, walaupun kita berada didalam keberagaman.

“Karena itu semua adalah anugrah yang tuhan berikan kepada bangsa ini. Kitapun harus selalu dapat memelihara budaya luhur bangsa ini. Sesuai pesan Bung Karno ‘Bangsa besar merupakan bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya’,” tutup Catur.

(*/Eky)

Check Also

SBY WO Saat Deklarasi Kampanye Damai, Protes KPU Atribut Partai Dukungan

Jakarta, sketsindonews – Acara kampanye deklarasi pemilu damai yang di gelar KPU Nasional dalam rangka mendukung sukses penyelenggaraan pemilu Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meninggalkan lapangan Monas saat acara dimulai.

“Nggak ada, jangan lebay lah,” kata Budi di Monas, Jakarta Pusat, ujar Budi Arie Ketua Projo.

Pokoknya itu tidak benar Budi nyarakan, tidak ada provokasi dari pihaknya. Dia memastikan relawannya hanya melakukan deklarasi damai.

deklarasi.kampanye.damai.thamrin.doc

“Nggak ada provokasi, ini kan kampanye damai,” sebutnya.

Sebelumnya, SBY WO karena merasa diperlakukan tidak adil. SBY WO bersama Ani Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Edhie Baskoro Yudhoyono pergi di tengah acara.

 

Ada juga atribut partai pendukung pro-Jokowi yang diprotes SBY. Presiden RI ke-6 itu pun akan melayangkan protes resmi ke KPU.

“Ini dianggap ketidakadilan oleh Pak SBY,”

Karena merasa aturan tidak ditegakkan, SBY yang kebetulan bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kemudian meninggalkan acara. SBY akan melaporkan hal tersebut ke Bawaslu.

“Ini dianggap ketidakadilan oleh Pak SBY,” jelasnya

Sementara itu, Sekjen Partai Demokrat Hinca merasa pihak KPU telah melanggar aturan yang dibuat oleh lembaga itu sendiri. Yakni terkait tak adanya atribut partai yang dibawa saat acara deklarasi digelar.

“Partai Demokrat protes keras, Pak SBY juga turun dari barisan karena melihat banyak sekali aturan main yang tak disepakati,” kata Hinca.

SBY pun kemudian menitipkan Partai Demokrat dan Kader yang masih di lokasi kepada Hinca untuk dihandle hingga acara selesai berlangsung. Namun pihaknya belum sempat ikut tanda tangan deklarasi.

“Iya beliau pun langsung titip ke saya selaku Sekjen,” katanya.

Pantauan di lokasi memang ada sejumlah bendera parpol di acara deklarasi tersebut. Padahal menurut PD acara ini harusnya bebas atribut dari partai politik.(nr)

Terkait

Watch Dragon ball super