Home / Berita / Hari Pahlawan, BMI: Rakyat Indonesia Harus Bisa Menjaga Eksistensi NKRI
Ketua DPP Banteng Muda Indonesia Bidang Idiologi dan Kaderisasi, Catur Adi S. Bronto. (Dok. Pribadi)

Hari Pahlawan, BMI: Rakyat Indonesia Harus Bisa Menjaga Eksistensi NKRI

Jakarta, sketsindonews – Ketua DPP Banteng Muda Indonesia Bidang Idiologi dan Kaderisasi, Catur Adi S. Bronto mengatakan, memaknai hari pahlawan pada 10 November haruslah bisa menjaga eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Bahwa perjuangan para pahlawan terdahulu sebagai bangsa yang merdeka, berdaulat dan mandiri harus betul-betul kita teruskan apa yang menjadi amanah mereka,” tegas Catur kepada awak media, Jumat (10/11).

Oleh karena itu, lanjut Catur, apa yang telah diwarisi hingga saat ini harus mampu membawa keperibadian dan kehidupan yang baik dan menjadi bangsa yang kuat dan kokoh.

“Yang sangat terpenting, kita semua sebagai masyarakat yang tinggal di Indonesia dan yang telah diwarisi oleh para pahlawan ini harus menjaga dengan baik demi keutuhan NKRI,” katanya.

Tak hanya itu, kata Catur, nilai-nilai pancasila sebagai falsafah bangsa, UUD 1945, NKRI dan  Bhineka Tunggal Ika harus tetap tumbuh dan berkembang di setiap sanubari masyarakat dan diamalkan, sesuai yang termaktub didalam isi dan alenia-alenia tersebut.

“Dengan keempat pilar itu, bangsa dan Negara ini milik semua, tak boleh ada satu kekuatan pun yang mengatasnamakan agama, kelompok dan golongan yang boleh mengklaim negara ini miliknya dan harus dikuasai dan diurus oleh kekuatannya. Semua komponen bangsa harus berangkat dari semangat empat pilar tersebut,” jelasnya.

Selain itu, Catur juga menghimbau kepada generasi muda Indonesia sebagai tulang punggung bangsa ini, harus selalu tumbuh semangat cinta tanah air, semangat kebersamaan, walaupun kita berada didalam keberagaman.

“Karena itu semua adalah anugrah yang tuhan berikan kepada bangsa ini. Kitapun harus selalu dapat memelihara budaya luhur bangsa ini. Sesuai pesan Bung Karno ‘Bangsa besar merupakan bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya’,” tutup Catur.

(*/Eky)

Check Also

Penghentian Sementara Pengerjaan Proyek Kereta Cepat dan LRT JABODEBEK Hanya Di Area Tertentu

Jakarta, sketsindonews – Sehubungan dengan upaya mengurangi kemacetan yang terjadi di Tol Jakarta – Cikampek …

Watch Dragon ball super