Home / Artikel / Rasio Tumbuh Entrepreuner Mudah Masih Rendah

Rasio Tumbuh Entrepreuner Mudah Masih Rendah

Bogor, sketsindonews – Gerakan Kewirausahaan Nasional dan Penganugerahan Penghargaan Wirausaha Muda Mandiri #WMMExpo2017 kembali digelar atas prakarsa Bank Mandiri Tbk di Jalan Raya Dramaga, Bogor, pada, Sabtu (11/3/2017).

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dalam kehadirannya mengatakan, saat ini, rasio wirausaha di Indonesia berada di angka 1,67%.

“Jumlah itu jauh di bawah negara-negara tetangga yang ada. Singapura 7%, lalu Thailand juga Malaysia yang mencapai sekitar 4%-5%.

Namun, dengan diadakannya gerakan-gerakan yang mendorong para pelaku wirausaha, seperti yang dilakukan oleh Bank Mandiri ini, rasio pelaku wirausaha dalam negeri semakin meningkat.

“Dengan semangat kita semua, sekarang, berdasarkan hasil BPS (Badan Pusat Statistik), wirausaha kita sudah bisa mencapai 3,10%. Rasio sudah di atas rata-rata. Ini bukan semata-mata seperti membalikan telapak tangan, tapi ini butuh perjuangan dari pemerintah, BUMN, hingga mahasiswa,” kata dia.

Ia pun mengatakan, dalam menjadi seorang pengusaha, terutama pengusaha muda seperti mahasiswa, yang menjadi poin utama bukanlah hanya sekadar mencari untung.

Namun, para wirausaha juga harus mampu untuk bisa menyelesaikan permasalahan lingkungan pemberdayaan akibat persoalan ekonomi sosial.

“Jadilah seorang mahasiswa yang mempunyai jiwa enterpreuner. Seorang wirausaha yang punya jiwa sosial.

Seorang pengusaha harus mampu menjadi seorang enterpreuner sosial. Ini lah tugas seorang tugas wirausaha, tidak mencari untung saja, tetapi bagaimana dia menyelesaikan yang muncul, paparnya.

redaksi

Check Also

Pedagang Ex Import Baju Senen Tak Tuntas, Pantaskah Keberadaan di Trotoar

Jakarta,sketsindonews – Pendestrian jalan Senen Raya (Ex Kebakaran) hingga kini sulit di sterilkan keberadaan pedagang …

Watch Dragon ball super