Back

Media Terpercaya

Razia Tilang dan Masker, Perlu Satu Kesatuan Untuk Disiplinkan Warga Masa Transisi

Jakarta, sketsindonews – Terserah mau kena Covid kek, lho kan udah “Gue” kasih tahu untuk patuh pada aturan yang sudah ditetapkan pemerintah, itulah lontaran relawan dan medis yang sempat viral di medsos karena prilaku masyarakat tak disiplin dalam mengikuti aturan protokeler kesehatan serta pola hidup sehat cegah penyebaran Covid – 19.

Kekesalan para Tim medis itu karena secara fakta masyarakat masih kurang sadar atas protap RS saat ini.

Menurut Aktivis Sosial Joko Sardjono menuturkan, epedimi Covid di masa transisi PSBB justru masyarakat menjadi liar karena saat PSBB pengawasan secara keseluruhan dberlakukan dalam ruang beraktifitas ekonomi di masa transisi.

“Kini sebaliknya kelonggaran itu tak seimbang dengan disiplin para penggiat ekonomi dan masyarakat dalam menjalankan fungsi jaga diri disiplin untuk mengikuti protokeler kesehatan,” tukasnya, Kamis (11/6/20).

Saran Joko sudah saatnya pemerintah DKI lakukan kajian aturan selain pula menggandeng instrumen kepolisian dijalan untuk merazia para masyarakat untuk razia surat – surat kendaraan juga berlaku masyarakat tanpa masker dengan denda.

Pasti masyarakat jera karena berikut tilang kendaraan tanpa masker, walaupun kebijakan ini sangat ekstrem tapi harus dilakukan mengingat masyarakat kita sangat cuex terhadap prilaku himbauan.

“Kalo di kenakan denda hingga ratusan ribu jadi mikir tuh masyarakat yang selama ini kebal dirinya kena penularan, padahal secara faktual tingkat positif Covid – 19 bukan berkurang justru semakin meningkat karena mata rantai tak tuntas,” ucap Joko.

Razia masker selain surat motor menjadi satu kesatuan, begitu pula terhadap para PKL, pedagang pasar yang kini sudah mulai berjalan perlu pula di lakukan hal yang sama selain pengunjung secara tegas dengan denda ditempat.

“Kepastian aturan itu harus tegas tanpa melihat latar belakang sama dengan virus corona gak melihat itu pejabat atau orang tak mampu karena faktor kesadaran disiplin sangat rendah,” tandasnya.

(Nanorame)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.