Back

Media Terpercaya

Reaksi RT di Pamekasan ketika Kedatangan Orang Baru

Pamekasan, sketsindonews – Salah satu Ketua RT kelurahan di Kabupaten Pamekasan bereaksi cepat ketika ada kabar ada orang baru datang ke kampung halamannya. Ia diperiksa lalu disemprotkan cairan disinfektan untuk membunuh virus corona Covid-19. 

Hal ini dilakukan oleh mayoritas sejumlah rumah di RT 003 RW 009, di Kelurahan Gladak Anyar, Kota Pamekasan. Tujuan penyemprotan tersebut untuk menetralisasi kuman atau penyakit bawaan dari luar. 

Ketua RT Saprai setempat mengatakan, beberapa hari lalu ada warga kampungnya yang baru datang dari wilayah zona merah Surabaya. Namun sebelum berbaur dengan masyarakat, pihaknya melakukan penyemprotan.

“Peyemprotan ini atas inisiatif saya sendiri dengan para warga, lantaran ada tiga orang yang baru datang dari Kota Surabaya yang merupakan wilayah zona merah,” kata Saprai, Senin (30/3/20). 

Dari hasil pemeriksaan, tiga orang tersebut dinyatakan negatif. Namun, untuk sementara waktu harus dilakukan isolasi selama 14 hari. Jika ada gejala kesehatan, maka pihaknya akan melapor kepada petugas setempat. 

“Ini dalam rangka agar wilayah kita bisa bebas dari wabah corona,” tegas Saprai.

Dia mengimbau kepada masyarakat setempat untuk melaporkan kepada pemerintah utamanya RT, apabila mendapatkan orang baru, sehingga bisa dilakukan pemeriksaan. 

“Jadi ini dalam rangka agar warga kami yang datang dari daerah luar juga bisa bergaul, dan tadi hasil tiga orang itu negatif,” pungkasnya.

(nru/pwk) 

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.