Resmikan Kesennuma Minato Matsuri, Dubes Heri Naik Mobil Terbuka Ikut Parade Budaya Indonesia

oleh
oleh

Jepang, sketsindonews – Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi menghadiri Kesennuma Minato Matsuri di kota Kesennuma Prefektur Miyagi, Minggu 7 Agustus 2022.

Kesennuma Minato Matsuri atau Festival Pelabuhan Kesennuma  diselenggarakan setiap tahun pada musim panas sejak 1951 untuk merayakan wisata laut yang aman dan hasil tangkapan yang melimpah. Mulai 2003 Kesennuma Minato Matsuri selalu dibuka dengan parade budaya Indonesia yang diikuti oleh diaspora dan Sahabat Indonesia-Jepang.

Dalam parade ini mereka menampilkan barong,  ondel-ondel, ogoh-ogoh dan hingga tari Bali di atas kendaraan hias.

Dalam sambutannya Dubes Heri yang hadir bersama Ibu Nuning Akhmadi menekankan Kesennuma adalah simbol persahabatan rakyat Indonesia dan Jepang.

“Ketika Tsunami di Aceh banyak sekali bantuan dari rakyat Jepang. Tahun 2011 ketika Jepang Timur dilanda tsunami, Presiden RI datang ke Kesennuma. Presiden saat itu sampaikan bantuan kepada Kesennuma yang sekarang diingat dalam bentuk Balai Anak Persahabatan Yudhoyono di Kesennuma. Inilah salah satu wujud kerja sama masyarakat Indonesia dan Jepang,” ujar Dubes Heri yang didampingi Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Tokyo Meinarti Fauzie dan Atase Perhubungan Syamsu Rizal.

Walikota Kesennuma Shigeru Sugawara dalam sambutannya mengapresiasi dukungan dan partisipasi KBRI Tokyo dalam kegiatan Kesennuma Minato Matsuri. Kesennuma menurutnya dapat menjadi sentral pertemuan bagi WNI di Jepang mengingat sudah ada fasilitas umum seperti restoran Indonesia dan tempat ibadah seperti mushola.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.