Rezeki Merupakan Rahasia Allah SWT

oleh
oleh
banner 970x250

Oleh: Letkol Sus Giyanto

Pandangan manusia jauh berbeda dengan pandangan Allah SWT., manusia selalu berpikir yang kasat mata yaitu sesuatu yang dilihat enak, manis, dan menyenanangkan. Padahal itu belum tentu baik dan memberikan manfaat yang sebenarnya. Dan sesuatu dalam pandangan manusia kurang baik, belum tentu hal itu tidak baik dihadapan Allah SWT. Justru bisa menjadi sebaliknya yaitu lebih baik dan barokah.

banner 300x600

Banyak orang beranggapan bahwa rezeki semata-mata hanya berupa harta dan benda. Hal tersebut tentunya berbeda dengan sudut pandang menurut islam. Rezeki menurut islam bukan hanya berupa harta dan benda, apalagi yang semata-mata karena hasil (kerja) manusia. Rezeki dalam islam mencakup semua apa yang ada di dalam kehidupan manusia. Berupa jabatan, pangkat, waktu, kesehatan, kesempatan, kecerdasan, anak, keluarga, tetangga serta kenikmatan lainya.

Allah SWT berfirman : “Allah-lah yang menciptakan kamu, kemudian memberimu rezeki lalu mematikanmu, kemudian menghidupkanmu (kembali). Adakah diantara yang kamu sekutukan dengan Allah itu dapat berbuat demikian? Maha Suci Dia dan Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutuan.” (QS. Ar-Rum : 40)

Ada sebuah cerita singkat dari Imam Al-Ghazali, bahwa pada suatu hari datanglah seorang yang telah kehilangan semangat kepada seorang hakim. Lantas dia menanyakan tentang mengapa ada seorang yang bodoh tetapi mendapat rezeki yang layak. Sedangkan, di sisi lain, ada seorang yang mempunyai otak cemerlang tetapi tidak mendapat rezeki yang layak.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.