Home / Artikel / Roh Kudus Tercurah (Kisah Para Rasul 2: 1-21)
Foto ilustrasi. (Sumber: Pendoa Sion Blog's)

Roh Kudus Tercurah (Kisah Para Rasul 2: 1-21)

sketsindonews – Sebelum terangkat ke sorga, Yesus berjanji akan mencurahkan Roh Kudus untuk meneruskan dan mewujudkan misi-Nya di dunia yaitu menelanjangi dosa, menobatkan, memeteraikan, menguduskan dan mewujudkan persatuan Kristiani.

Langkah awal perwujudan misi ini nampak ketika Roh Kudus memampukan para rasul berbicara dalam berbagai bahasa-bahasa yang digunakan dan dibutuhkan saat itu, sehingga setiap orang dari berbagai daerah mengerti kesaksian para rasul étentang perbuatan-perbuatan besar yang dilakukan Allah.

-Salah mengartikan-
Roh Kudus telah mengawali suatu pembentukan kehidupan umat Kristiani yang bersekutu dan berdoa. Bila gerak awal Roh Kudus itu diimbangi, dengan aktivitas umat Kristiani secara baik dan bertanggung jawab, tentu Kristen akan merasakan suatu gerak rohani yang sangat bermanfaat dalam rangka saling menguatkan keimanan.

Namun kenyataan yang ada saat ini justru muncul banyak perselisihan paham yang mempertentangkan dan membatasi kehadiran Roh Kudus Kelompok yang satu menuduh kelompok yang lain tidak memiliki Roh, sebaliknya dan yang satu menuduh yang lain terlalu berlebihan. Bukankah perselisihan paham ini, menunjukkan bahwa kita telah menyelewengkan tujuan kehadiran Roh Kudus?

-Makna Pentakosta-
Dalam Perjanjian Lama, Pentakosta adalah perayaan umat Israel purba yang dirayakan pada hari ke lima puluh sesudah Paskah (Pesah : keluarnya bangsa Israel dari perbudakan di tanah Mesir).

Pada hari itu umat merayakan dua hal yaitu kebaikan Allah karena panen yang berhasil dan pemberian hukum Taurat kepada Musa.

Dalam Perjanjian Baru, ketika tiba hari Pentakosta Roh Kudus turun tercurah kepada para murid Yesus, yang sedang berkumpul di Yerusalem dan mengaruniakan hidup baru, kekuasaan baru, dan berkat yang disebut Petrus sebagai penggenapan nubuat nabi Yoel.

Doa: Tuhan, terima kasih untuk Roh Kudus yang Kau utus. Curahkanlah Roh Kudus-Mu ke atas kami, agar kami semakin layak menyaksikan perbuatan-perbuatan-Mu yang besar dan ajaib.

(Sumber: Buku Acara HKBP Ujung Menteng, Minggu, 04 Juni 2017)

Check Also

Praja Wibawa Satpol PP Gelar Operasi Kawasan Rawan PKL Tanah Abang

Jakarta, skersindonews – Praja Wibawa merupakan wujud Satpol PP dalam menegakan aturan guna Ketertiban Umum …

Watch Dragon ball super