Home / Berita / RPTRA Nyaris Terabaikan, Ketua LP2AD: Kok Kumuh, Bagaimana Itu !

RPTRA Nyaris Terabaikan, Ketua LP2AD: Kok Kumuh, Bagaimana Itu !

Jakarta, sketsindonews – Sebanyak hampir 50 Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) kini seakan tak terawat dari fungsi sarana interaksi edukasi (multi fungsi) lingkungan warga.

“Kok kumuh, bagaimana itu kekinian RPTRA nyaris terabaikan,” kata Ketua Lembaga Pemantau Penyimpangan Aparatur Daerah( LP2AD)Victor Irianto Napitupulu kepada sketsindonews, Sabtu (6/3/21).

Setiap RPTRA telah diangkat petugas ‘Hononer” dalam pengelola membangun penataan Kebersihan. Banyak RPTRA penampakan tidak terkelola dengan baik sekitar lingkungan munculnya parkir liar, bak sampah serta pinggiran RPTRA menjadi tempat rongsokan warga.

“Fungsi RPTRA sungguh setidaknya menjadi alternatif dalam membangun sumber kreasi warga, walau kondisi pandemi bukan hanya menjadi alasan tertutup bagi warga selain kondisi sesungguhnya secara phisik ikut dibiarkan,” tukasnya.

Konsep RPTRA adalah ruang publik ramah anak yang melayani kepentingan berbagai community ajang berbagai talent anak (bakat) permainan menarik hingga pengawasannya pun dilengkapi CCTV.

“Lihat saja RPTRA Harapan Mulia, Jalan Lingkar Sukasari, Harapan Mulia, Kemayoran, ironis karena dibiarkan menjadi tak terawat karena komitmen pemprov DKI tidak mau melanjutkan program yang sudah baik untuk lebih baik,” ungkapnya.

“Padahal program peran swasta dalam korporasi kolaborasi membangun RPTRA terabaikan hanya sikap karena itu dianggap program Gubernur yang lalu bukan produk Gubernur saat ini hingga menjadi terabaikan,” tandas Victor.

Dia meminta, Walikota Jakarta Pusat Dhany Sukma untuk inspeksi melihat fasilitas lingkungan serta kondisi kekinian sarana baik CCTV serta kawasan fungsi penunjang lainnya.

“Jangan nantinya RPTRA mulai di aktifkan kembali terbuka untuk publik menjadi tak layak akibat sarana itu tidak memenuhi syarat kelayakan sebuah Taman publik,” ujarnya.

“Sudin PPAP setidaknya membenahi pengelola dan leading sektor Kelurahan untuk tak diam apalagi boro – boro RPTRA untuk di benahi sesuai penataan fungsi,” tandas Victor.

(Nanorame)

Check Also

TNI AL LANAL BABEL Laksanakan Vaksinasi Di Atas Perahu Nelayan KBN Dusun Sukal Desa Belo Laut

Babel, sketsindonews – Lanal Bangka Belitung Posal Muntok kembali melaksanakan vaksinasi Covid-19 dosis kedua bagi …

Watch Dragon ball super