Home / Artikel / Rudin Lurah Camat Tak Layak Huni,Tapem Harus Bertanggung Jawab

Rudin Lurah Camat Tak Layak Huni,Tapem Harus Bertanggung Jawab

Jakarta, sketsindonews – Kondisi Rumah Dinas (rudin) yang enggan di tempati oleh Camat Lurah ternyata kondisi itu memang tak layak huni di lihat dari struktur bangunan yang sudah keropos hingga tak terawat.

Pantauan sketsindonews.com dilapangan kondisi ini hampir sebagian besar rumah dinas tak di tempati keberadaan rumah dinas biasanya hanya untuk transit para pamong dalam kondisi urgent di wilayah mempercepat layanan publik.

penampakan. sosok.rudin.doc

Ternyata tidak terawatnya karena persoalan anggaran perawatan dan perbaikan yang tak ada di anggaran Kelurahan, kini perbaikan dan perawatan ada di Kabag Tata Pemerintahan Pemprov DKI Jakarta, ujar Lurah di Jakarta Pusat yang tak mau disebut namanya.

“Masak kita mau pake TKD kita mas, kerusakan itu saja bisa mencapai puluhan juta bahkan ratusan juta karena struktur yang tak layak huni.”

Rata – rata rudin itu terdiri dari 3 deret, kalo kita rehab plafon atau dinding otomatis rudin lainnya kena dampak, masak kita perbaiki rumah dinas kita sebelahnya juga ikut rusak, tegasnya.(8/3).

“Kami pake duit TKD ini yang menjadi problem setiap Lurah bukan kita tidak mau tempati, sementara anggaran perawatan sudah tak ada, kalo kecil – kecil perbaikan kita sudah lakukan agar bisa bersih”.

Pemantau Lembaga Pemantau Penyimpangan Aparatur Daerah (LP2AD) Victor Irianto Napitupulu mengatakan, DKI itu anggaran milyaran dan Tapem DKI Jakarta baik di Tingkat Kota itu harusnya sudah mengangangarkan terkait rumah dinas yang sudah puluhan tahun tak di rombak untuk diperbaiki segera, ujarnya.

Kalo tidak bisa kita lihat sekarang semua rumah dinas rusak parah seperti “rumah hantu” karena tidak jelinya Tapem dalam pengelolaan penyusunan anggaran yang menjadi tupoksinya.

Jangan hanya pada rehabilitasi Kantor Camat Lurah saja, dan Tapem tak mau tanggung jawab, tegas Victor.

Akhirnya bisa terlihat Lurah Camat menjadi dilematis rumah singgahnya tak terpakai, padahal itu bisa menjadi “home base” dalam mendukung percepatan pelayanan warga, pungkasnya.

Sementara Kabag Tapem Jakarta Pusat Kamal hingga berita ini diturunkan belum dapat memberikan konfirmasi terkait rudin di Jakarta Pusat yang sudah tak layak huni.

reporter : nanorame

Check Also

Buka Kesempatan Jadi PNS, Pemprov DKI Jakarta Lakukan Ini

Jakarta, sketsindonews – Dalam rangka memfasilitasi para akademisi yang akan memasuki dunia kerja, Pemerintah Provinsi …

Watch Dragon ball super