Home / Artikel / Rusun Benhil, Aktivis Prodemokrasi Hatta Taliwang di Tangkap

Rusun Benhil, Aktivis Prodemokrasi Hatta Taliwang di Tangkap

Jakarta,sketsindonews – Polda Metro Jaya menangkap aktivis Hatta Taliwangpada Kamis dini hari tadi. Dia diamankan lantaran diduga terlibat dugaan pelanggaran Undang-Undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Dia menulis judul artikelnya dengan huruf besar, “Waspada Politik Cina Raya”. Naskah yang dia tulis pada 22 Juli 2016 tersebut viral, bahkan beberapa media mengutipnya menjadi dua sampai tiga berita.

Tudingan tersebut memang mengandung risiko yang berat. Pastilah Hatta Taliwang selain juga turut mendirikan Partai Aman at Nasional (PAN) seringkali menikmati separuh malamnya untuk rutin melakukan penelitian itu serta kajian.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul mengatakan, Hatta ditangkap di Rumah Susun Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Dari tangannya, polisi mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya telepon seluler dan buku.

“Barang buktinya ada handphone, buku. Barang bukti masih terus dicari penyidik,” kata Martinus di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, liputan6, Kamis (8/12/2016).

Hatta ditangkap karena telah menyebarluaskan kalimat yang mengarah kepada ujaran kebencian atau hate speech di media sosial. Hatta pun sudah ditetapkan sebagai tersangka.

“Dalam kaitan ini yang bersangkutan sudah ditetapkan sebagai tersangka. Tersangka ini melakukan posting-an kalimat yang dapat menimbulkan kerusuhan dan SARA,” ucap Martinus.

Sejauh ini, ujar Martinus, penyidik masih memeriksa Hatta secara intensif. Penyidik, kata dia, memiliki waktu 1 x 24 jam untuk menentukan penahanan Hatta.

“Penyidik punya waktu 1 x 24 jam untuk melakukan pemeriksaan dan menentukan ditahan apa tidak,” ujar Martinus (*)

Check Also

Karang Taruna RW 03 Kartini Momentum Sumpah Pemuda Akan Serahkan Peduli Palu

Jakarta, sketsindonews – Hasil pundi amal korban Palu Sulwesi Tengah yang di inisiasi oleh Karang …

Watch Dragon ball super