Home / Berita / Saksi Ahli: Gafatar Masuk Ajaran Sesat

Saksi Ahli: Gafatar Masuk Ajaran Sesat

Jakarta, sketsindonews – Saksi ahli berlatar belakang Pendidikan Sosiologi Agama yang dihadirkan dalam sidang lanjutan Gerakan Fajar Nusantara (GAFATAR), di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu (18/1) menyebutkan bahwa gerakan tersebut masuk kategori ajaran sesat.

Dalam sidang yang menjadikan petinggi Eks Gafatar, yaitu Mahful Muis Tumanurung, Abdussalam alias Ahmad Mushaddeq dan Andry Cahya, sebagai terdakwa tersebut digelar dengan agenda sidang mendengarkan keterangan saksi.

Saksi ahli, Rida Hesti Ratnasari turut menjelaskan telah meneliti dan melakukan observasi pada kelompok yang diduga menyimpang ajaran Agama Islam tersebut.

“Maka dalam konteks ini MUI dalam terminologi ajaran sesat bahwa melanggar dalam konteks fatwa dalam menuju kriteria sesat. Fatwa sementara sudah ada SKB -nya semua sudah tahu tidak perlu dari saya,” kata Rida sebagai ahli di hadapan Majelis hakim.

“Pada dasarnya fatwa MUI sebenarnya tidak mengikat pendapat yang tidak harus diikuti, bebas-bebas saja. MUI punya perspektif yang berbeda, berarti kebebasan itu juga berlaku untuk siapapun dalam berpikir dan berekspresi asalkan tidak melakukan tindakan kriminal,” imbuhnya.

Sebelumnya dijelaskan bahwa saksi ahli telah turun ke berbagai daerah di Indonesia untuk meneliti metode yang sah secara hukum keterkaitan organisasi yang dinilai tidak sesuai dan diperkuat dari data sekunder dan primer.

“Sejak 1996 kami melakukan penelitian dengan metode yang syah secara hukum tidak selalu bertemu ketua umum. Kami turun langsung ke Aceh, Palembang data itu memperkuat data sekunder dan primer dalam kasus Gafatar,” ujar ahli yang berhijab.

Dia menambahkan dihadapan Majelis hakim bahwa Ideologi tidak akan musnah akan tetapi nama organisasi masyarkat tersebut dapat dibubarkan.

“Ideologi tidak akan mati maka ormasnya yang dibubarkan dan pengikut masih ada,” tegasnya. (Dw)

Check Also

Presdir PT Goodyear Dipecat, Kuasa Hukum Sebut Melanggar Aturan Tbk

Jakarta, sketsindonews – Presiden Direktur PT Goodyear Indonesia TBK, Loi Siew Kee atau Allan Loi …

Watch Dragon ball super