Home / Berita / Sambut Arus Mudik, Kesiapan Terminal Kampung Rambutan Dinilai Baik
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat meninjau Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur bersama Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat, selasa (20/6). (Dok. Humas Kemenhub)

Sambut Arus Mudik, Kesiapan Terminal Kampung Rambutan Dinilai Baik

Jakarta, sketsindonews – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menilai kesiapan Terminal Kampung Rambutan dalam menyambut arus mudik lebaran 2017 dinilai sudah baik dan lengkap.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Gubernur DKI Jakarta yang telah memfasilitasi Terminal Kampung Rambutan menyambut arus mudik seperti ada fasilitas kesehatan, bisa poco-poco juga. Hasil ramp check bus disini juga bagus,” ucap Budi, saat meninjau kesiapan arus mudik lebaran di Terminal Rambutan, Jakarta, Selasa (20/7).

Dia menghimbau agar para penumpang arus mudik lebaran tahun ini agar memperhatikan stiker bus yang akan dinaiki. “Kalau tidak ada stikernya jangan naik bus itu,” katanya.

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat yang ikut serta dalam cek kesiapan di Terminal Kampung Rambutan menyatakan Pemerintah DKI Jakarta terus melakukan monitoring di tiap terminal. “Hasil pantauan dishare melalui grup whatsapp agar diketahui para SKPD,” katanya.

Selain itu, Dinas Perhubungan DKI Jakarta gencar melakukan ramp check untuk memastikan kelengkapan bus-bus yang beroperasional pada beberapa terminal di Jakarta.

“Yang diperiksa rem, lampu, klakson, wiper, lampu rating, rem tangan, spion. Selain itu supir dan penumpang juga bisa periksa kesehatan di posko lebaran yang ada di terminal,” paparnya.

Senada dengan Menhub, Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol. Suntana mengingatkan para pemudik yang menggunakan angkutan bus agar tetap berhati-hati selama melakukan perjalanan.

“Jaga barang bawaan Anda terutama di rest area, jangan mudah percaya dengan orang yang menawarkan minuman karena bisa menjadi upaya pelaku kejahatan menghipnotis kita. Selain itu, kenali penumpang di sebelah kanan dan kiri Anda,” pesan Suntana.

Sebagai informasi, berdasarkan data Laporan Posko Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2017 pada H-6 Shift II (Senin, 19 Juni 2017 pukul 20.00 WIB s/d 20 Juni 2017 pukul 08.00 WIB) jumlah kedatangan bus di Terminal Kampung Rambutan sebanyak 685 bus dan bus berangkat sebanyak 387 bus.

Sementara itu, jumlah penumpang datang di Terminal Kampung Rambutan 7.586 dan penumpang berangkat sebanyak 8.026 penumpang.

Total jumlah kedatangan bus dan penumpang pada terminal penumpang AKAP di wilayah Jabodetabek tercatat sebanyak 2.382 kendaraan dan 19.351 penumpang.

Sedangkan jumlah keberangkatan bus dan penumpang adalah sebanyak 1.873 kendaraan dan 28.684 penumpang. Secara umum kondisi terminal di Jabodetabek masih kondusif.

(Eky)

Check Also

Anang Serukan Elit Cooling Down Saat Asian Games

Jakarta, sketsindonews – Asian Games yang bakal digelar pada 18 Agustus 2018 di Jakarta dan …

Watch Dragon ball super