Saraswati: Film Dilan 199I Ungkap Fakta Kekerasan Seksual

oleh
oleh

Jakarta, sketsindonews – Aktris yang juga politisi Rahayu Saraswati mengatakan film Dilan 1991 mengungkap fakta kekerasan seksual yang sering terjadi.

Dua peran Dilan dan Hugo menggambarkan sosok teman laki-laki yang memiliki kepribadian yang berbeda dalam memperlakukan perempuan.

“Dilan menunjukan sikap yang cukup menghormati kehendak perempuan. Sementara tindakan yang dilakukan Hugo menunjukan bentuk pelecehan yang seringkali terjadi pada kehidupan nyata,” ujar Saraswati usai mengadakan nonton bersama Film Dilan 199I, Minggu, 3 Maret 2019. 

Artis pemeran Senja dalam film Merah Putih mengatakan peran Dilan dalam berpacaran menunjukan sikap hormat dan tidak memaksakan kehendak fisiknya terhadap Milea. 

Sementara Hugo berbuat sebaliknya. Ia memaksakan kehendak fisik dengan berlindung pada kebebasan berekspresi dan pengaruh budaya barat.

“Di barat justru jika seorang laki-laki berperilaku seperti yang dilakukan Hugo terhadap Milea, dia sudah bisa dilaporkan ke polisi atas tindak kekerasan seksual,” tambah seniman lulusan International School of Screen Acting dari London, Inggris ini.

Dalam film Dilan 1991 terdapat adegan Hugo dan Milea yang sedang menonton film di bioskop. 

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.