Satker P3MD Kepri Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pendamping Desa

oleh
oleh
banner 970x250

Batam, sketsindonews – Satker P3MD Dpmd Dukcapil Provinsi Kepri melaksanakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pendamping Lokal Desa Provinsi Kepri yang bersumber dari Dana APBN Program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI yang di buka oleh Kadis Pmd Dukcapil Provinsi Kepri Drs. H. Sardison, MTP, Senin malam (18/11/2019) bertempat di Hotel Travelodge Batam.

Kepala Satker P3MD Kepri, Imam Rohani dalam sambutan laporan panitianya menyampaikan bahwa tujuan penyelenggaraan Peningkatan Kapasitas Pendamping Lokal Desa Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2019 adalah Meningkatkan kemampuan PLD dalam pemahaman terhadap regulasi yang terkait dengan pengelolaan dana desa, Meningkatkan kemampuan PLD dalam memahami tugas dan fungsi pendampingan desa sekaligus Meningkatkan keterampilan PLD dalam memfasilitasi proses perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pelestarian program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Drs. H. Sadison, MTP dalam sambutannya menyampaikan diharapkan pendamping lokal Desa Menjadi agen perubahan atau kekuatan pendobrak dalam arti rekonstruksi dari alam pikir (mindset) yang konservatif, sentralistik, tertutup, konsumtif dan koruptif menuju alam pikir dan sikap profesional inovatif, produktif, partisipatif, transparan dan akuntable.

“Kemudian menjadi kekuatan moral (moral force) dalam arti memastikan terjadinya pengaruh positif dalam fasilitasi Desa, terutama dalam mengawal Dana Desa harus tepat sasaran dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat melalui mekanisme musyawarah yang partisipatif dan terakhir Menjadi kekuatan Inovatif dalam arti menfasilitasi peningkatan kapasitas pengelolaan pengetahuan dan pembangunan serta pemberdayaan masyarakat yang memunculkan kreasi-kreasi baru,” ujarnya.

Peserta Peningkatan Kapasitas Pendamping Lokal Desa Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2019 terdiri dari Peserta Kabupaten Bintan 11 (sebelas) orang, Kabupaten Karimun 14 (empat belas) orang, Kabupaten Natuna 21 (dua puluh satu) orang, Kabupaten Lingga 21 (dua puluh satu) orang, Kabupaten Kepulauan Anambas 13 (tiga belas) orang.

(Ian)

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.