Home / Artikel / SDA Jakarta Pusat Diharapkan Sungai Ciliwung Tak Meluap, Antisipasi Banjir Sistem Prioritas Dilakukan

SDA Jakarta Pusat Diharapkan Sungai Ciliwung Tak Meluap, Antisipasi Banjir Sistem Prioritas Dilakukan

Jakarta, sketsindonews – Sudin Sumber Daya Air (SDA) Kota Jakarta Pusat saat ini terus lakukan antispasi genangan selain pula melakukan persiapan perubahan iklim cuca yang di prediksikan pada Bulan Oktober – Desember 2018.

Jakarta Pusat khususnya tidak akan ada genangan terkecuali Kali Cilwung dalam debet meningkat yang sangat berpengaruh debet air yang ada di wiilayah muara Kali Ciliwung, pungkas Kasudin SDA Dicky Suherlan. (2/10).

Menurutnya, genangan dan lintasan akan meningkat jika curah hujan sangat tinggi terutama kawasan rendah seperti Kecamatan Sawah Besar meliputi lintasan Pasar Baru dan Jalan Kartini Raya.

Kenapa ini bisa terjadi kata Dicky, kalo sungai Ciliwung naik maka antisipasi yang kami harus atasi dengan membuat (membangun) kolam kolakan dibantu pompa mobil dengan sistem pompanisasi.

Ada 3 unit kolakan yang kita bangun seperti di Jalan Kartini 2, Jalan Kartini 8 dan shelter Golden Truly karena memang kawasan cekungan (dataran rendah), terangnya.

Berlanjut kami dalam antisipasinya juga menyediakan sarana pompa mobile yang selalu stand by pada titik grafitasi rendah dengan kekuatan kapasitas 400 liter per detik dalam proses penyedotan air nantinya.

Prioritas ketiga dengan cara pihaknya melakukan rutinitas team SDA metode pengerukan lumpur, pengurasan saluran program reses DPRD (TL) terutama saluran mikro dan penghubung.

Lanjut Dicky dengan kondisi rutinitas dirinya juga berharap peran warga untuk tidak membuang sampah, bahkan warga untuk tidak membangun teras rumah dengan memfaatkan ruang salurab berdampak memperkecil saluran lingkungan menjadi tidak standar.

Sementara terkait pompa air stasioner yang ada secara mekanistik pompa tersebut untuk seluruhnya dalam kondisi siap bekerja dengan baik, jadi tak ada masalah persoalan pompa stasionery, terang Dicky.

Bagaimana saluran lingkungan warga ini tentunya di harapkan kerja sama para Lurah Camat dengan menggerakan potensi PPSU untuk saluran warga untuk di monitor sekaligus pembersihan sesuai apa yang menjadi tanggung jawab dalam lingkungan saluran warga, tandasnya.

reporter : inong

Check Also

Kalahkan Kejahatan Dengan Kasih Tuhan

Roma 12: 9-21 Renungan, sketsindonews – Kasih ini mesti dimulai dari dalam dulu, karena, tidak …

Watch Dragon ball super