Back

Media Terpercaya

SDA Kota Jakarta Pusat Siapkan Pompa Mobile Antisipasi Banjir Wilayah Sawah Besar Sekitarnya

Jakarta, sketsindonews – Sebanyak 30 personil Satgas SDA Kota Jakarta Pusat terdiri dari operator pompa dan petugas lakukan pemantauan antisipasi ketinggian air sekaligus menanggulangi banjir di wilayah rawan banjir Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/21).

Hal ini disampaikan Kasudin SDA Kota Jakarta Pusat Achmad Saeful di lokasi pompa Golden Truly Gunung Sahari Raya, saat melakukan pengecekan langsung ditengah malam saat diputuskan siaga III pintu air Manggarai.

“Pompa telah kami sediakan sejak akhir tahun 2020, selain kesedian pompa stasioner jalan Industri Raya. Namun untuk lebih safety antisipasi banjir maka pompa mobile dan pompa apung kami operasikan kapasitas 400 liter perdetik terletak di Jalan Gunung Sahari dan jalan Kartini,” jelasnya.

“Daya operasi pompa ini meliputi wilayah Bungur Raya, jalan Gunung Sahari, Jalan Sentul, Kartini, Jalan Cempaka dan wilayah Gereja Ayam agar nantinya banjir tidak masuk lingkungan tinggal warga”, tandas Saeful.

Lanjut Saeful, jika tingkat curah hujan tinggi prediksinya akan bisa diantisipasi jika air laut tidak pasang selain kiriman banjir dari Bogor juga tidak melebihi kapasitas debet air Kali Ciliwung.

“Hingga saat ini pompa air telah maksimal bekerja sesuai fungsinya secara baik dalam penempatan pompa tambahan dan pompa stasioner Yang sudah ada,” sambungnya.

Petugas pompa mobile Jeny (45) menjelaskan, bahwa pompa saat ini sangat baik dalam kapasitas penyedotan air pemukiman menuju Kali Ciliwung.

“Diharapkan ini mencegah secara dini banjir ektrem karena alat bantu pompa mobile sangat efektif melihat fungsi jalan kini lebih tinggi dari Kali Ciliwung sehingga memudahkan aliran pompa air ke Kali utama,” tutup Jeny.

(Nanorame)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.