Home / Artikel / Ragam Daerah / Selain Gelar Pameran, Krista Exhibitions Dukung Fashion Show Kebaya

Selain Gelar Pameran, Krista Exhibitions Dukung Fashion Show Kebaya

Jakarta, sketsindonews – Krista Exhibitions mendukung Perkumpulan Perempuan Pertiwi Indonesia menggelar fashion show kebaya di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (25/8/22).

Adapun fashion show kebaya tersebut, merupakan bentuk Perkumpulan Perempuan Pertiwi Indonesia untuk menggalakan perempuan menggunakan pakaian tradisional khas Indonesia.

Fashion show Kebaya di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Pusat

Ketua Pertiwi Indonesia, Shinta Omar mengatakan, siap berkolaboraai untuk mendaftarkan pakaian kebaya ke Unesco.

“Kami bergerak di daerah-daerah dimana Pertiwi mempunyai DPD untuk merangkul semua generasi agar keberadaan kebaya semakin besar gaungnya. Kita juga sedang melakukan riset dan bekerjasama dengan media nasional untuk mensosialisasikan kebaya ke seluruh Indonesia” ucap Shinta dalam keterangan tertulis, di Jakarta.

Perkumpulan Perempuan Pertiwi Indonesia semakin memperkuat visi dan misinya untuk meningkatkan kualitas perempuan Indonesia menjadi yang terdepan, mandiri dan berwawasan kebangsaan. Salah satunya adalah dengan menggiatkan kembali busana nasional Kebaya Indonesia sebagai Identitas Nasional Indonesia.

Sementara itu, Ketua II Pertiwi Indonesia, Miranti Serad Ginanjar menyatakan, barisan berkebaya diinisiasi oleh Pertiwi Indonesia dengan mengajak komunitas lain.

“sudah bergabung 24 komunitas besar, salah satunya PSMTI yang di ketuai oleh Dr Dewi Susilo Budhihardjo, yang peduli terhadap kebaya.” ucapnya.

Lebih lanjut, Miranti menambahkan, Kegiatan Barisan Berkebaya yang terbaru adalah ikut mengawal Bendera Pusaka di cawan monas dan kirab pada perayaan hari kemerdekaan RI ke 77, berharap kegiatan ini akan semakin menyatukan semangat dan upaya untuk lebih memasyarakatkan berkebaya beserta segala tradisi dan kearifan lokalnya.

Barisan Berkebaya memberikan dukungan kepada Pemerintah Indonesia dalam upaya mendaftarkan kebaya menjadi warisan budaya tak benda Single Nomination yang diakui UNESCO.

Sekedar informasi, Berkebaya telah menjadi busana sehari-hari perempuan Indonesia dari jaman dahulu dan meskipun jaman telah berubah, kebaya tetap bisa beradaptasi dengan tren fesyen yang berkembang.

Kemudian, kebaya menjadi refleksi dari budaya bangsa yang adiluhung, sehingga Presiden Jokowi sendiri mengamanahkan kepada Ketua Umum Pertiwi Indonesia Antarina SF Amir bulan Juli lalu di Istana Negara untuk mengikut sertakan Barisan Berkebaya dalam Kirab Penjaga Bendera Pusaka dalam acara Peringatan Kemerdekaan RI ke 77 yang lalu di Istana Merdeka.

Upaya ini merupakan inisiatif yang didorong oleh Putri Kus Wisnu Wardani, anggota Dewan Pertimbangan Presiden yang juga salah satu pendiri Pertiwi Indonesia untuk pendaftaran nominasi tunggal tradisi berkebaya sebagai warisan budaya tak benda ke UNESCO.

Check Also

Predikat SAKIP Meningkat, Bupati Sampang Terima Penghargaan dari Menpan RB

Jakarta, sketsindonews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang menerima penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) …

Watch Dragon ball super