Home / Artikel / Seni Budaya Keris Dalam Perayaan Hari Jadi Kediri

Seni Budaya Keris Dalam Perayaan Hari Jadi Kediri

Yogyakarta, sketsindonews – Dalam rangka hari jadi kota Kediri yang ke-1138, pada hari jumat (18/8) bertempat di Towen Skuwer digelar seni budaya keris dan seni rupa berjudul ‘GuGat Keris nJengolo’ yang diresmikan langsung oleh Wali kota Kediri Abdullah Abu Bakar S.E. serta sekjen paguyupan seno pati nusan tara Nurjiato atau Gusnor.

Gelar keris budaya dan seni rupa tersebut dilakukan oleh paguyupan keris panji joyo boyo yang dipimpin oleh Imam Mubarok.

Diketahui Gugat keris Jenggolo ini juga untuk mengupas sejarah dari zaman kerajaan yang di juluki kerjaan kediri atau di zaman kahuripan atau panjalu untuk mengingatkan tentang raja Erlangga.

Untuk diketahui bahwa Paguyupan keris dan seluruh treder dari seluruh indonesia. Dengan pameran keris dan seni rupa bertema Gugat keris njenggolo dan yunesko juga telah memberikan asentasi pada tahun 2005 bahwa keris adalah berbentuk dari sang empu karya yang luar biasa.

Dimana keris terbuat dari bahan seperti baja dan tetanin atau dari meteor, oleh karena itu ini bisa jadi pelajaran kepada kita semua untuk melestarikan karya seni dan budaya Indonesia.

(Amin)

Check Also

Politisi Gerindra M. Taufik, LSM Harus Awasi Sektor Pendapatan DKI Yang Menguap

Jakarta, sketsindonews – Pihak DPRD dalam menyusunan anggaran APBD DKI Jakarta yang mencapai 89,09 Trilyun …

Watch Dragon ball super