Home / Artikel / Siapa Ketua Bamus Betawi Munir Atau Lulung Lunggana Dalam Mubes VII

Siapa Ketua Bamus Betawi Munir Atau Lulung Lunggana Dalam Mubes VII

Jakarta,, sketsimdonews – Sejumlah program telah disiapkan Munir Arsyad, salah satu kandidat ketua umum Badan Musyawarah Masyarakat (Bamus) Betawi periode 2018-2023, dan ia yakin akan memenangkan pemilihan pada 1-2 September 2018 mendatang.

“Dua hal yang paling penting yang akan saya lakukan adalah pembenahan organisasi dan pembinaan Ormas sayap Bamus Betawi,” katanya dikrmukakan jrlang Mubes di Hotel Twin, Slipi Jakarta Barat. (2/9)

Ketua umum Yayasan Pendidikan Islam (YPI) As Sa’adah ini menyebut, Ormas sayap Bamus berjumlah lebih dari 140, namun yang telah terdaftar baru 98. Kami punya suara 65 yang sudah siap mendukung saya dalam Mubes nanti.

“Karena itu Ormas yang belum terdaftar akan kita dorong untuk mengurus legalitasnya, dan setelah itu semua Ormas akan kita bina agar menjadi Ormas yang bagus,” imbuhnya.

Selain hal tersebut, Caleg Partai Gerindra untuk Dapil DKI Jakarta V ini juga mengatakan bahwa ia akan menyelesaikan PR terbesar Bamus Betawi, yakni menjadikan Betawi sebagai tuan rumah di daerahnya sendiri, yakni Jakarta.

“Kita sudah punya perangkat hukum dan perundang-undangan yang memberi kita “karpet merah” untuk merealisasikan cita-cita itu, tapi memang pengimplementasiannya masih belum maksimal, sehingga meski saat ini gedung pemerintahan telah ada yang memasang ikon-ikon Betawi, seperti ondel-ondel dan kembang kelapa, tapi belum semuanya. Gedung swasta malah belum sama sekali,” imbuhnya.

Perangkat hukum dan perundang-undangan dimaksud adalah Perda Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi, Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 229 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pelestarian Budaya Betawi, dan Pergub Nomor 11 Tahun 2017 tentang Ikon Betawi.

Munir menegaskan bahwa berdasarkan peraturan-peraturan tersebut, sesungguhnya ada sanksi bagi pengusaha yang tidak mengindahkan ketiga Perda dan Pergub tersebut, yakni penyegelan.

“Karena itu nanti kita akan mengefektifkan Ormas yang ada untuk melakukan patroli dan pengawasan. Bisa juga kita buat Satgas dengan tugas khusus mengawal pengimplementasian ketiga Perda dan Pergub tersebut, sehingga jika ada pengusaha yang abai atau tak peduli, bisa langsung ditindak sesuai hukum yang berlaku di negara kita,” katanya.

Ketika ditanya seyakin apa ia akan memenangkan pemilihan mengingat saingannya adalah wakil ketua umum Bamus Betawi periode 2013-2018 yang juga wakil ketua DPRD DKI Jakarta, Abraham ‘Lulung’ Lunggana? Sekretaris Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) DKI Jakarta ini mengatakan sangat yakin.

Kata Munir Arsyad, “Saya maju bukan atas kemauan sendiri, melainkan karena diminta oleh Ormas-Ormas. Malam saya diundang ke kantor DPD Bamus Betawi Jakarta Selatan di Jalan TB Simatupang. Ketika saya tiba, ternyata di situ telah berkumpul perwakilan 28 Ormas. Di situlah saya diminta untuk maju di pemilihan,” katanya.

Ketika ditanya apa yang membuat Ormas-Ormas itu mengusung dirinya? Munir menjelaskan ada beberapa alasan.

Pertama, karena dirinya dianggap layak untuk memimpin Bamus untuk periode lima tahun ke depan memimoin Bamus Betawi.

“Kedua, karena saat ini ada semangat di kalangan masyarakat Betawi untuk lebih mengedepankan tokoh dengan darah Betawi asli, bukan campuran, dan saya Betawi asli,” imbuhnya.

Bagaimana Kans Lulung Lunggana 

Dalam versi berkembang dalam. dukungan ormas sepertimya pihak ormas dukungan HL merasa yakin HL akan juga memimpin Bamus Batawi.

Mubes masih berjalan alot nantinya terkait pemilihan kepersertaan yang hingga kini belum di tetapkan dalam pendelegasian untuk dapat memilih suara calon.

Saat betita ini di turunkan apakah nanti malam dalam format pemilihan one man one vote atau one man delegation sesuai dengan dalam anggaran dan tata tertib pemilihan yang masih alot di bahas dalam rapat – rapat sidang,

reporter : nanorame

Check Also

Kalahkan Kejahatan Dengan Kasih Tuhan

Roma 12: 9-21 Renungan, sketsindonews – Kasih ini mesti dimulai dari dalam dulu, karena, tidak …

Watch Dragon ball super