Home / Artikel / Silat Gerak Rasa Kong Acul Peninggalan Asli Slipi

Silat Gerak Rasa Kong Acul Peninggalan Asli Slipi

Jakarta, sketsindonews – Ketua Forum Komunikasi Budaya Betawi (FKBB) DKI Jakarta Bang Saugi yang asli anak Rawa Belong dalam membangun budaya betawi kini bersama komunitas jawara (sanggar) terus mengembangkan sayap bagi berbagai aliran silat di tanah betawi.

Sanggar yang dibangun bersama masyarakat etnis (aliran) Slipi terus menggali dan mempopulerkan apa itu “Gerak Rasa Kong Acul” sebuah aliran silat yang digagas oleh almarhum kong Acul yg menguasai dari dua guru besar gerak rasa, terang Saugi.

Dulu guru besar Kong Acil bernama Bang Pi’i dan Ustad alias Bang Pii Bendrong, beliaupun menurunkan kepada beberapa orang penerus selain kong Acul, adik dari Bang Cakra, Bang Effendi dan lainnya.

Mereka anak Slipi asli yang tumbuh disekitarnya seperti Bang Cepong, Cing Ben dan Bang Ali. Mereka sangat antusias dengan terus mengembangkan jurus gerak rasa Slipi yang terus melebarkan sayap hingga mengalir kepada Kong Acul, terang Saugi.(8/01)

“Kong Acul wafat setahun yang lalu, dalam. pesannya agar tetap melestarikan silat gerak rasa sebagai salah satu silat yang harus dikembangkan, begitu pesan alamarhum Kong Acul.”

Namun kini kami bersama komunitas betawi lainnya seperti Cingkrik, Beksi, Seliwa Tenabang, Slipi Patah, Gerak Sikilat, Gerak Rasa Babeh Nunung, Gerak Tarung Pribumi dalam satu wadah melesatrikan budaya di FKBB.

FKBB adalah salah satu forum dari berbagai aliran silat serta gerak seni tari ini tentunya menjadi satu bagian bagi olah budaya untuk terus dikembangan ditanah betawi yakni untuk lebih menjadi gerakan Nasional bahkan menjadi sebuah sumbangsih pariwisata DKI di mata International.

Tambah Saugi lebih lanjut, dirinya pun kini menjadi guru serta penerus Silat Gerak Rasa Kong Acul dipadepokan yang dibangunnya di Slipi Jakarta Barat dengan melebarkan hingga Jadebotabek.

Dia (Saugi) bersama Sekretaris Jenderal FKBB DKI H. Heru Nuryaman berkomitmen bagaimana peran usia dini akan ditumbuhkan dalam pekan promosi atau festival yang setiap tahun akan digelarnya dalam menyatukan misi FKBB dalam meningkatkan peran komunitas aliran silat sebagai asset budaya Provinsi DKI Jakarta yang harus tetap eksis dalam pembangunan pariwisata dan budaya.

Hingga saat ini poros Tanah Abang, Slipi dan Rawa Belong sebagai titik gerakan dalam membangun peradaban budaya silat betawi dari berbagai aliran untuk kita satukan menjadi nilai asset yang sudah ditinggalkan para leleuhur jawara dalam membentuk aliran silat betawi untuk dilesatrikan hingga akhir hayat, tutup Saugi

reporter : nanorame

 

 

 

 

 

 

Check Also

Bantaran Kali Bisa Menjadi Pertanian Kota

Jakarta, sketsindonews – Bantaran kali Banjir Kanal Barat (KBB)  dan Kali Item Utan Kayu Cempaka …

Watch Dragon ball super