Home / Berita / Skatek 043 Miliki Instalasi Peralatan Fuel Nozzle Stand Dan Ultra Sonic Cleaner

Skatek 043 Miliki Instalasi Peralatan Fuel Nozzle Stand Dan Ultra Sonic Cleaner

Yogyakarta, sketsindonews – Keberadaan Instalasi Peralatan Fuel Nozzle Stand dan Ultra Sonic Cleaner yang diperuntukkan Pesawat KT 1B Woong Bee , pesawat Grob G120 TP-A dan pesawat lainnya ini  dinilai strategis dan sangat dibutuhkan. Mengingat tantangan dan tugas TNI AU kedepan akan semakin kompleks.

[caption id="attachment_6032" align="aligncenter" width="300"]Komandan Pangkalan Udara TNI AU Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI Ir Novyan Samyoga, MM, saat meresmikan penggunaan Instalasi Peralatan Fuel Nozzle Stand dan Ultra Sonic Cleaner di Bengkel System Skatek 043, Lanud Adisutjipto Jumat (9/12). (Pentak Lanud Adisutjipto) Komandan Pangkalan Udara TNI AU Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI Ir Novyan Samyoga, MM, saat meresmikan penggunaan Instalasi Peralatan Fuel Nozzle Stand dan Ultra Sonic Cleaner di Bengkel System Skatek 043, Lanud Adisutjipto Jumat (9/12). (Pentak Lanud Adisutjipto)[/caption]

Komandan Pangkalan Udara TNI AU Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI Ir Novyan Samyoga, MM, meresmikan penggunaan Instalasi Peralatan Fuel Nozzle Stand dan Ultra Sonic Cleaner  di Bengkel System Skatek 043, Lanud Adisutjipto Jumat (9/12).

Marsma TNI Ir Novyan Samyoga, MM,  menyampaikan bahwa di masa yang akan datang, tantangan dan tugas TNI AU akan semakin kompleks.  Sehubungan hal tersebut, Pimpinan TNI AU juga telah berusaha memberikan sarana dan prasarana pendukungnya, salah satu diantaranya membangun Bengkel System dan Instalasi Peralatan Fuel Nozzle Stand dan Ultra Sonic Cleaner.

[caption id="attachment_6033" align="aligncenter" width="300"]Komandan Pangkalan Udara TNI AU Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI Ir Novyan Samyoga, MM, saat memotong tumpeng. (Dok. Pentak Lanud Adisutjipto) Komandan Pangkalan Udara TNI AU Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI Ir Novyan Samyoga, MM, saat memotong tumpeng. (Dok. Pentak Lanud Adisutjipto)[/caption]

Komandan Lanud berharap semoga dengan keberadaan alat ini dapat menambah kemampuan dalam hal pemeliharaan komponen pesawat terbang sehingga mendukung tercapainya kesiapan dalam pemeliharaan komponen pesawat yang lebih optimal.

“Kan pemeliharaan komponen dapat dilaksanakan sendiri  tanpa harus mengirimkannya ke fasilitas perbaikan di luar Lanud Adisutjipto,” tegasnya.

Komandan Skatek 043 Letkol Tek Taufik Yulianto, ST menyampaikan Peralatan fuel nozzle stand merupakan buatan pabrican Stalay dari Amerika yang berfungsi sebagai alat tes atau uji.  Fungsi untuk mengetahui keandalan komponen fuel nozzle  yang merupakan bagian dari komponen sistem pembakaran pada engine pesawat terbang.

Sedangkan Ulta Sonik Cleaner yang merupakan alat buatan Hankuuk dari Korea Selatan berfungsi untuk menggosok atau membersihkan kotoran yang menempel pada komponen barang yang sulit untuk dibersihkan.

“Alat ini cocok digunakan untuk memebersihkan beberpa komponen pesawat  seperti Fuel nozzle, fuel filter element, dan lain-lain,” ungkapnya lebih lanjut.

Hadir dalam peresmian Instalasi Peralatan Fuel Nozzle Stand dan Ultra Sonic Cleaner adalah Komandan Wingdik Terbang Kolonel Pnb Bonang Bayuaji,  Para Kepala Dinas, para Komandan Skadron, para pejabat di lingkungan Lanud Adisutjipto,  perwakilan dari Christoper Staley, Mr James A, dan beberapa orang dari Hankuk Ultrasonic Industry, Korea selatan diantaranya Jung Tae Yoon, Im joon Soo, dan Kim Kwang Young.(Kumara)

Check Also

SBY WO Saat Deklarasi Kampanye Damai, Protes KPU Atribut Partai Dukungan

Jakarta, sketsindonews – Acara kampanye deklarasi pemilu damai yang di gelar KPU Nasional dalam rangka mendukung sukses penyelenggaraan pemilu Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meninggalkan lapangan Monas saat acara dimulai.

“Nggak ada, jangan lebay lah,” kata Budi di Monas, Jakarta Pusat, ujar Budi Arie Ketua Projo.

Pokoknya itu tidak benar Budi nyarakan, tidak ada provokasi dari pihaknya. Dia memastikan relawannya hanya melakukan deklarasi damai.

deklarasi.kampanye.damai.thamrin.doc

“Nggak ada provokasi, ini kan kampanye damai,” sebutnya.

Sebelumnya, SBY WO karena merasa diperlakukan tidak adil. SBY WO bersama Ani Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Edhie Baskoro Yudhoyono pergi di tengah acara.

 

Ada juga atribut partai pendukung pro-Jokowi yang diprotes SBY. Presiden RI ke-6 itu pun akan melayangkan protes resmi ke KPU.

“Ini dianggap ketidakadilan oleh Pak SBY,”

Karena merasa aturan tidak ditegakkan, SBY yang kebetulan bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kemudian meninggalkan acara. SBY akan melaporkan hal tersebut ke Bawaslu.

“Ini dianggap ketidakadilan oleh Pak SBY,” jelasnya

Sementara itu, Sekjen Partai Demokrat Hinca merasa pihak KPU telah melanggar aturan yang dibuat oleh lembaga itu sendiri. Yakni terkait tak adanya atribut partai yang dibawa saat acara deklarasi digelar.

“Partai Demokrat protes keras, Pak SBY juga turun dari barisan karena melihat banyak sekali aturan main yang tak disepakati,” kata Hinca.

SBY pun kemudian menitipkan Partai Demokrat dan Kader yang masih di lokasi kepada Hinca untuk dihandle hingga acara selesai berlangsung. Namun pihaknya belum sempat ikut tanda tangan deklarasi.

“Iya beliau pun langsung titip ke saya selaku Sekjen,” katanya.

Pantauan di lokasi memang ada sejumlah bendera parpol di acara deklarasi tersebut. Padahal menurut PD acara ini harusnya bebas atribut dari partai politik.(nr)

Terkait

Watch Dragon ball super