Home / Berita / Soal Putusan Pengadilan, Kuasa Hukum Syahganda Nyatakan Banding

Soal Putusan Pengadilan, Kuasa Hukum Syahganda Nyatakan Banding

Jakarta, sketsindonews – Koordinator tim Penasehat Hukum (PH) DR. H. Syahganda Nainggolan, Abdullah Alkatiri pada Kamis siang, (6/5/21) memberikan keterangan resmi kepada awak media terkait tanggapan keputusan vonis hukuman kepada Kliennya.

Sebelumnya Ketua Majelis Hakim Ramon Wahyudi dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Depok, Jawa Barat, Kamis (29/4/2021) telah menjatuhkan vonis hukuman selama 10 bulan penjara kepada Petinggi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Syahganda Nainggolan telah melanggar Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana, terbukti menyiarkan kabar yang tidak pasti atau kabar yang berkelebihan terkait pro-kontra RUU Omnibus Law Cipta Kerja pada Oktober 2020 tahun lalu.

Menanggapi keputusan tersebut Alkatiri sampaikan bahwa sejak awal pihaknya menyatakan banding, dan hal ini telah disampaikan secara resmi kepada pihak terkait pada Rabu (5/5/2021) lalu.

Kemudian juga dijelaskan bahwa dasar pihaknya ajukan banding adalah semata demi keadilan hukum, dan itu jelas didalam sidang keputusan, bahwa Hakim menyatakan terdakwa melanggar pasal 15 tahun 1946, bahwa terdakwa menyiarkan kabar yang tidak pasti atau kabar yang berkelebihan.

“Keputusan Hakim berbeda dengan dakwaan Jaksa yang menyatakan terdakwa telah melanggar pasal 14 tahun 1946 yaitu membuat kabar bohong yang menimbulkan keonaran di masyarakat, artinya DR Syahganda tidak membuat kabar bohong, jadi jelas terdakwa tidak terbukti bersalah seperti yang disangkakan Jaksa, maka sangat jelas DR Syahganda terbukti tidak bersalah karenanya demi keadilan dan kebenaran terdakwa harus dibebaskan dari hukuman,” pungkas pengacara senior, Alkatiri.

Terkait putusan vonis 10 bulan kliennya, Alkatiri sebut keputusan Hakim adalah langkah yang berani, dimana Majelis Hakim yang diketuai Bapak Ramon Wahyudi berani mengambil keputusan yang berbeda dari tuntutan Jaksa.

( shanty )

Check Also

Dirgakkum Korlantas : Kendaraan ODOL Langgar Lalin, Picu Kecelakaan

Jakarta, sketsindonews – Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Aan Suhanan berbicara ihwal dimensi pengangkut kendaraan tidak …

Watch Dragon ball super